Jumat, 24 Desember 2010

JADILAH PENYEMBAH YANG BENAR

YOHANES 4:23  Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian.

Sebelum percaya kepada Yesus Kristus, ada begitu banyak orang tidak tahu harus menyembah kepada siapa dan bagaimana cara menyembah yang benar. Karena ketidaktahuan ini, mereka lantas pergi ke gunung-gunung dan lembah-lembah, batu-batu dan lain sebagainya untuk menyembah allah yang tidak dikenal. Bahkan ada yang membuat patung baginya yang menyerupai manusia atau seperti allah untuk selanjutnya mereka sembah. Tidak tahu harus bagaimana dan kepada siapa harus menyembah sehingga berprilaku begitu bodoh. Setelah Yesus lahir dan datang ke dunia, mereka juga masih terus berprilaku demikian karena tidak pernah mendengar tentang kabar sukacita kelahiran Yesus Kristus atau sudah pernah mendengar tentang Yesus namun masih mengeraskan hati sehingga tidak mau percaya kepadaNya.

Yesus mengatakan bahwa telah tiba saatnya penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa di dalam roh dan kebenaran. Yesus datang ke dunia ini untuk memperkenalkan Tuhan yang benar di dalam diriNya. Tuhan mau agar manusia dapat mengenal dan menyembah Dia yang adalah Roh. Tuhan bukan sebuah batu, bukan tinggal di gunung, bukan sebuah patung dan bukan di sungai-sungai. Tuhan bukan suatu zat dan bukan pula dapat disembah dengan cara melakukan pantangan dan larangan yang sangat sulit untuk dilakukan. Yesus telah memperkenalkan diriNya bahwa Dia adalah Mesias sang Juru Selamat, Raja diatas segala Raja dan Tuhan di atas segala Tuhan.

Penyembah yang benar harus tahu siapa yang disembahnya. Yesus telah memperkenalkan diriNya sebagai Tuhan dengan mengatakan Yesus dan Bapa adalah satu (Yohanes 10:30), maka kita patut menyembah Dia. Sekarang Yesus sudah tidak ada lagi di dunia ini dalam wujud manusia, namun Dia telah memperkenalkan bahwa Tuhan itu adalah Roh (Yohanes 4:24), maka kita harus menyembah Dia di dalam Roh dan kebenaran yang artinya kita menyembah Dia dengan segenap hidup kita di setiap saat dan di setiap kesempatan. Kita tidak perlu lagi ke gunung-gunung, ke lembah-lembah atau membuat patung dan lain sebagainya untuk disembah. Setiap aspek kehidupan kita adalah menyembah  dan mengandalkan Dia. Namun masalahnya, ada begitu banyak orang percaya dan mengaku murid Yesus, masih belum menyembah Dia di dalam Roh dan kebenaran. Ada begitu banyak orang masih mengandalkan kekuatan gaib, masih pergi ke kuburan untuk mendapatkan berkat, masih pergi ke gunung untuk mendapatkan wangsit, masih pergi ke dukun untuk mendapatkan kesembuhan.  Setiap akhir tahun, ada begitu banyak orang masih datang ke paranormal dan tukang ramal untuk mengetahui bagaimana peruntungan yang akan di alami di tahun depan. Ada begitu banyak orang tidak mau menyerahkan hidup sepenuhnya kepada Tuhan. Yang ada dalam dirinya adalah bahwa Tuhan merupakan sesuatu hal yang tidak terlihat dan hanya disembah apabila tiba pada hari Natal. Selanjutnya pada hari-hari  lainnya menyerahkan hidupnya pada kekuatan lain dan hidup tidak seturut dan sekehendak Tuhan serta mengandalkan diri sendiri. Oleh karena itu, di hari Natal yang berbahagia ini, mari kita menyembah Tuhan yang benar di dalam Roh dan kebenaran karena Yesus telah memperkenalkan diriNya begitu gamblang bahwa Tuhan itu adalah Roh yang hidup. Biarlah Tuhan Yesus lahir di dalam hati kita dan mengubah hidup kita sehingga setiap saat hidup kita memuliakan namaNya. Akhir kata kami ucapkan : SELAMAT HARI NATAL 25 DESEMBER 2010.Tuhan Yesus memberkati. Amin.  (24122010)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar