Rabu, 22 Desember 2010

KECILLAH ITU

Lukas 16:10  "Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar. Dan barangsiapa tidak benar dalam perkara-perkara kecil, ia tidak benar juga dalam perkara-perkara besar.


Di dalam kehidupan, ada begitu banyak orang yang mengatakan bahwa dirinya hidup setia dengan Tuhan tetapi selalu beribadah dengan berpindah-pindah gereja. Tak puas dengan gereja yang satu, pindah ke gereja yang lain dan tidak betah apabila berjemaat di satu tempat. Ada lagi yang mengatakan setia kepada Tuhan, tetapi di dalam bekerja di kantor tidak menunjukkan prilaku sebagai anak Tuhan yang takut kepada Tuhan. Bekerja hanya apabila diawasi oleh atasan. Bahkan ada yang mengatakan bahwa dirinya setia kepada Tuhan, tetapi tidak setia kepada istri, tidak jujur kepada istri dan anak-anak baik masalah keuangan, masalah hati maupun masalah yang lain. Bagaimana mungkin kita dapat mengatakan bahwa kita setia kepada Tuhan yang tidak kelihatan apabila kepada hal yang tidak kelihatan saja kita tidak dapat berlaku setia?

Setia dalam perkara kecil merupakan syarat mutlak untuk dapat menjadi setia di dalam perkara yang besar. Bagaimana mungkin seseorang dikatakan setia di dalam perkara yang besar kalau di dalam perkara yang kecil saja tidak bisa berlaku setia? Tidak akan mungkin seseorang langsung dapat mengendalikan sebuah perusahaan besar apabila mengurus sebuah perusahaan kecil saja tidak bisa. Bagaimana mungkin kita dipercayakan menjadi pimpinan apabila di dalam bekerja saja kita harus diawasi terus menerus. Tidak akan mungkin seseorang menjadi hamba Tuhan yang besar dengan bidang pelayanan yang luas, apabila dalam pelayanan kecil saja dia tidak mau. Tidak  mungkin seseorang menjadi jemaat yang missioner, apabila di dalam berjemaat saja tidak pernah betah di suatu tempat. Tidak mungkin seorang pria akan menjadi suami yang baik, apabila dalam hal keuangan saja tidak setia terhadap perempuan.  Ini adalah dalil yang harus dipegang umat Tuhan untuk dapat menjadi seorang yang besar. Setia kepada perkara yang kecil.

Tuhan Yesus menginginkan umatNya agar terlebih dahulu setia terhadap perkara kecil. Ketika berdoa meminta hikmat yang dari Tuhan, maka Tuhan akan memberikannya apabila kita mau dengan setia  membaca firman Tuhan setiap hari dan Dia akan menambahkan pengetahuan dan hikmat kepada kita sehingga menjadi lebih bijaksana di dalam mengarungi kehidupan. Tidak mungkin kita menjadi seorang yang penuh hikmat apabila kita tidak setia di dalam membaca sumber hikmat itu yaitu firman Tuhan. Ketika kita berdoa meminta agar diberikan kesabaran di dalam menghadapi setiap masalah, maka Tuhan akan memberikan kesabaran itu apabila kita setia menghadapi setiap permasalahan kita. Tidak mungkin kita menjadi seorang yang sabar apabila kita tidak pernah sabar menghadapi permasalahan yang kecil saja. Ketika kita berdoa agar pekerjaan berhasil dan karir meningkat, maka Tuhan akan memberikan hal tersebut apabila setia terhadap pekerjaan sekecil apapun yang diberikan kepada kita. Di dalam bekerja, kita melakukan segala pekerjaan dengan segenap hati seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia (Kolose 3:23), sehingga, ada atau tidak ada pimpinan, kita bekerja dengan sebaik mungkin. Sebagai jemaat yang baik, kita berjemaat bukan karena memandang siapa pendetanya, tetapi  menetapkan hati untuk menetap dan berjemaat di satu tempat serta tidak berpindah-pindah tempat. Ketika kita meminta agar diberikan karunia lebih banyak, maka Tuhan akan menambahkan karunia-karunia lebih banyak apabila kita setia dalam mengelola karunia yang ada di dalam hidup kita. Ingatlah perumpamaan tentang talenta dimana yang memiliki lima dan dua talenta ditambahkan lagi beberapa talenta karena setia mengelola talenta yang dimilikinya. Tetapi yang memiliki satu talenta tidak mau mengelola talenta yang dimillikinya sehingga segala yang ada  diambil daripadanya. (Matius 25:14-30). Mungkin pikirnya itu hal kecil, jadi buat apa mengembangkannya. Oleh karena itu, marilah kita setia terhadap hal-hal kecil yang Tuhan telah percayakan kepada kita agar hal-hal besar juga dipercayakan kepada kita. Jadi jangan pernah menganggap remeh sesuatu hal dengan mengatakan : "Kecillah itu", sehingga tidak pernah melakukannya dengan setia. Terpujilah nama Tuhan. Amin. (23122010)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar