Selasa, 14 Desember 2010

MEMBERITAKAN KABAR BAIK LEWAT FACEBOOK

Hai teman-teman, tau nggak yang namanya Facebook yang ada di internet? Facebook adalah situs web jejaring sosial yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School. Keanggotaannya pada awalnya dibatasi untuk siswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti: .edu, .ac, .uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs jejaring sosial ini.

Main facebook memang mengasikkan, terlebih bagi kamu-kamu yang masih muda. Enak banget dapat bertemu teman-teman lama lo sewaktu SD, SMP, atau bahkan teman satu kampung di dunia maya. Wah bisa dibayangin kan gimana  gitu ketemu dengan mereka, pasti deh pada online dan chatting, rame deh. Kirim foto yang jadul-jadul gitu bisa membuat mereka pada  ngangenin untuk ketemuan. Ngobrol sana sini tentang si dia yang nyebalin atau teringat masa lalu yang penuh dengan canda tawa. Main facebook bisa membuat kita lupa diri, lupa waktu, lupa segala-galanya deh. Kadang jadi kelihatan malas deh, jadi kelihatan kurang gaul karena jadi jarang keluar rumah. Teman-teman lo juga gitu, mereka kerjanya cuma maen facebook, diajak kebaktian pada males, diajak maen bareng pada males, serba males deh. Gimana ya agar teman-teman lo bisa dengar firman Tuhan dan agar mereka jangan hilang? Wah susah juga ya mikirinnya, karena mereka kan jadi suka tinggal di rumah nih. Tapi jangan patah semangat dulu nih. Kita yang rohani harus punya jalan keluar nih. Ya kita bisa manfaatin facebook untuk menjangkau sobat-sobat kita.

Kebayang nggak sih bahwa facebook itu bisa dipake sebagai sarana untuk menginjili atau mengabarkan kabar baik bagi sobat-sobat kita? Bisa aja sih, sobat-sobat kita pada saat online lagi BT, lagi punya masalah, lagi punya unek-unek yang pengen dilampiaskan, lagi patah hati, lagi ingin curhat, tau-taunya kita-kita nih mengirim satu ayat firman Tuhan dan menyentuh hatinya dan bertobat pada saat itu, wah alangkah indahnya. Nah, kita sebagai anak-anak Tuhan dapat memanfaatin facebook untuk menjangkau yang hilang, menjangkau yang punya masalah. Emang bisa? Ya bisa dong. Caranya? Gini nih.

Tahap pertama, lo kumpulan teman-teman, lantas buat grup di facebook untuk penginjilan, untuk memberitakan firman Tuhan. Undang teman-teman yang merupakan anak Tuhan, lantas setiap hari buat renungan untuk dikirim kepada mereka. Gampang toh? Kedua, bisa juga elo mengirimi mereka ayat firman Tuhan melalui ponsel atau komputer lo di rumah. Kirim dari dinding facebook, pasti deh mereka baca.   

Memberitakan kabar baik lewat facebook memang memerlukan kesabaran dan harus dilakukan dengan setia serta konsisten. Banyak tantangan yang dialami. Kadang kita dikatain sok rohanilah, sok sucilah. Kadang kita beranggapan, firman Tuhan yang dikirim tidak dibaca, dicuekin aja. Wah, itu mah jangan kita pikirin, yang pasti kita berlatih nih untuk selalu setia kepada Tuhan. Firman Tuhan katakan dalam Lukas 16:10: "Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar. Dan barangsiapa tidak benar dalam perkara-perkara kecil, ia tidak benar juga dalam perkara-perkara besar.” Cepat atau lambat, elo akan terlatih untuk melayani dan memberitakan kabar baik. Cepat atau lambat, elo akan merasa bahwa melayani Tuhan itu mengasikkan. Selamat melayani. Tuhan Yesus memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar