Selasa, 14 Desember 2010

SEDERHANA BUKAN?


Lukas 1:24-25  Beberapa lama kemudian Elisabet, isterinya, mengandung dan selama lima bulan ia tidak menampakkan diri, katanya: "Inilah suatu perbuatan Tuhan bagiku, dan sekarang Ia berkenan menghapuskan aibku di depan orang."


Ketika Tuhan mempersiapkan kelahiran Yesus Kristus di dunia ini, Tuhan memakai segala hal yang memang tidak layak dan tidak pantas serta tidak mungkin bagi pemikiran orang banyak. Sebelum Maria ibu Yesus mengandung, Tuhan sudah mempersiapkan seorang yang lain untuk dipakai meluruskan jalan bagiNya agar banyak orang percaya kepadaNya, dialah yang bernama Yohanes Pembaptis. Seperti halnya Yesus, Yohanes juga lahir dari proses kehamilan yang tidak normal bagi banyak orang. Betapa tidak, Elisabet ibunya Yohanes adalah seorang yang mandul dan sudah lanjut usianya sehingga tidak mungkin lagi untuk hamil dan melahirkan seorang anak.


Yohanes Pembaptis lahir dari seorang ibu yang sangat menderita karena mandul. Sekian lama tidak memiliki anak membuat kehidupan Elisabet menjadi bahan gunjingan para saudara, tetangga, teman dan lain sebagainya. Bisa dibayangkan, betapa seorang Elisabet harus makan hati sepanjang hari bahkan sepanjang tahun menghadapi orang banyak atas kemandulannya tersebut. Namun, kehadiran Tuhan Yesus ke dunia ini telah mengubah segalanya termasuk mengubah kehidupan kedua orang tua Yohanes Pembaptis. Itu sebabnya Elisabet mengatakan bahwa Tuhan telah berkenan menghapus aibnya. Dalam hal ini, Elisabet percaya kepada perkataan Tuhan sehingga aibnya telah diganti menjadi sukacita. Sederhana saja.


Yesus lahir ke dunia ini untuk menghapus aib setiap orang, termasuk kita semua. Dua ribu tahun yang lalu sebelum Dia lahir secara fisik ke dunia ini, Dia menghapus aib keluarga Yohanes Pembaptis. Setelah kelahiranNya, Dia menghapus dosa dan aib seluruh umat manusia. Sekarang, Yesus tidak lagi berada di dunia ini secara fisik seperti dua ribu tahun yang lalu. Namun, Dia dapat lahir dan  hidup di hati kita semua dengan percaya kepadaNya.(Markus 16:16). Ketika kita percaya dan menerimaNya di dalam hati kita, maka Dia telah lahir dan hidup di dalam kehidupan kita. Ketika Yesus hidup di dalam kehidupan kita, maka disitulah segala dosa dan aib kita dihapuskanNya. Sederhana  dan tidak membingungkan bukan? Tuhan Yesus memang sederhana dan tidak membingungkan bagi siapapun yang percaya kepadaNya. Dosa dan aib kita ditanggungNya dengan begitu sederhana dan tidak berat karena memang Dia sendiri sudah mengatakan agar datang kepadaNya dan Dia akan memberikan kelegaan kepada barangsiapa yang mau datang kepadaNya (Matius 11:28). Yesus tidak pernah memberikan suatu syarat yang rumit dan sulit untuk dilakukan seperti hukum Taurat dimana begitu banyak peraturan dan larangan  yang tidak mungkin dilakukan manusia untuk terhindar dari dosa dalam upaya dibenarkan di hadapan Tuhan(Roma 3:20). Tetapi, Yesus menghapus dosa dan aib manusia dengan cara yang sangat sederhana yaitu dengan iman percaya kepada Yesus (Efesus 2:8). Itulah anugerah yag begitu besar yang Tuhan telah berikan kepada manusia yaitu siapa yang percaya kepadaNya tidak akan dipermalukan (Roma 10:11). Oleh karena itu, mari datang kepada Yesus Kristus dan percayalah kepadaNYa dengan sungguh-sungguh, maka segala kutuk, segala dosa, segala aib, segala beban hidup, dan dalam segala hal engkau akan dipulihkan. Sederhana bukan? Terpujilah namaTuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar