Kamis, 13 Desember 2012

BERDOA BAGI ORANG LAIN


BERDOA BAGI ORANG LAIN

Matius 5:44 Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu.

Sadar atau tidak sadar, ketika umat Tuhan berdoa seringkali bahasa doanya adalah seperti ini : “berkatilah aku Tuhan”, “Lindungi aku Tuhan”, “sertai aku Tuhan”, dan lain sebagainya tanpa pernah mendoakan orang lain. Kita berdoa hanya terpaku pada kepentingan diri sendiri dan tidak pernah menyinggung tentang keselamatan orang lain apalagi mendoakan musuh kita. Kita hanya berdoa bagi kesejahteraan diri sendiri tanpa pernah mendoakan kesejahteraan orang lain apalagi kesejahteraan kota di mana kita berada.

Yesus mengajarkan umatNya untuk berdoa tidak hanya bertujuan bagi  kepentingan diri sendiri tetapi juga bagi orang lain. Yesus juga mengajarkan kepada kita semua tidak hanya berdoa bagi orang yang dikasihi dan bagi orang yang berbuat baik kepada kita, tetapi Dia mengajarkan agar berdoa bagi siapa saja termasuk orang yang membenci, orang yang memusuhi dan orang yang berusaha menganiaya umat Tuhan. Inilah tandanya kita sebagai pengikut Yesus yang mengasihi sesama manusia.

Sebagai umat Tuhan kita dituntut tidak egois dan tidak hanya berpusat pada diri sendiri. Kita dituntut untuk dapat mengasihi sesama manusia (Yohanes 13:34), kita diajarkan untuk dapat memberi dan berbagi dengan orang lain (1 Timotius 6:18) dan kita juga diajarkan untuk turut merasakan penderitaan orang lain sehingga mau untuk berdoa bagi mereka. Lebih daripada itu, firman Tuhan juga mengajarkan kepada kita  agar berdoa bagi kesejahteraan kota dimana kita tinggal karena kesejahateraannya adalah merupakan kesejahteraan kita (Yer 29:7). Memang susah untuk memulai hal ini. Tetapi dengan pertolongan Roh Kudus, yakinlah bahwa kita semua pasti dapat dimampukan untuk mengasihi sesama, memberi dan berbagi dengan sesama dan juga untuk berdoa bagi orang lain termasuk berdoa untuk bangsa dan negara tercinta. Mari kita memulainya mulai saat ini. Kasih karunia Tuhan menyertai kita semua. Amin. (14122102)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar