Senin, 10 Desember 2012

UJILAH SEGALA SESUATU


UJILAH SEGALA SESUATU

1Yoh 4:1 Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Tuhan; sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia.

Ada begitu banyak berita-berita yang membuat sebagian besar orang  menjadi ragu, antara percaya atau tidak. Mereka mendengar tentang adanya seorang anak yang diangkat oleh Tuhan Yesus dan kemudian dinyatakan bahwa saat pengangkatan orang percaya segera tiba. Ada yang memberitakan hasil penelitian tentang sangkakala yang ditulis di dalam kitab Wahyu sudah mulai terdengar. Ada yang mengabarkan tentang Tuhan Yesus menampakkan diri di awan yang menandakan bahwa waktunya telah tiba, dan lain sebagainya. Mereka percaya dan menanggapinya dengan rasa takut dan cemas. Bagaimana kita menanggapi hal itu?

Firman Tuhan mengatakan agar menguji segala sesuatu, apakah berasal dari Tuhan atau bukan. Bilamana kita mendengar tentang berita yang mengejutkan dan tidak masuk akal, maka kita harus menguji hal tersebut dengan firman Tuhan. Bilamana kita mendengar tentang sebuah cerita yang menggemparkan mengenai alam roh, maka kita harus menguji hal tersebut dengan firman dan Roh Kudus sehingga bisa membuat kita yakin atau tidak akan hal itu.

Orang percaya tidak harus menerima segala sesuatu yang didengar, yang dilihat dan yang dirasakan dengan begitu saja tanpa melakukan pengujian.   Di dalam menghadapi pengajaran sesat, di dalam menghadapi berita-berita yang membingungkan, di dalam menghadapi guru-guru palsu, dan lain sebagainya, firman Tuhan sudah mengajarkan kepada kita untuk menguji segala sesuatu dan memegang yang baik yang sesuai dengan firman Tuhan. (1Tes 5:21). Itu sebabnya kita harus banyak belajar firman Tuhan sehingga tidak mudah diombang-ambingkan rupa-rupa pengajaran yang menyesatkan. Kita harus lebih sering berdoa untuk meminta tuntunan Roh Kudus, karena Dialah yang akan membawa kita kepada pengajaran yang sehat dan sesuai dengan firman Tuhan. Jangan sampai kita berhasil disesatkan karena ketidakmengertian dan ketidaktahuan kita serta karena kita tidak mau menguji segala sesuatu di dalam Roh dan Kebenaran. Jangan sampai kita menjadi bimbang dan ragu serta tidak memiliki pegangan atas sesuatu kejadian karena kita tidak pernah mengujinya.  Oleh karena itu, ujilah segala sesuatu. Kasih karunia Tuhan menyertai kita semua. Amin (111212).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar