Senin, 20 Februari 2012

TIDAK ADA RENCANA TUHAN YANG GAGAL


Ayub 42:2 "Aku tahu, bahwa Engkau sanggup melakukan segala sesuatu, dan tidak ada rencana-Mu yang gagal.

Ada sebuah lagu yang mungkin sering kita senandungkan yang berbunyi : “Banyak perkara yang tak dapat kumengerti, mengapakah harus terjadi di dalam kehidupan ini. dst” Lagu ini mengisyaratkan kepada kita semua bahwa kita tidak dapat mengerti arti kehidupan yang sedang kita jalani. Kita tidak dapat mengerti mengapa sebuah kejadian harus terjadi di dalam hidup kita. kita tidak dapat mengerti mengapa kita harus mengalami semua hal yang tidak mengenakkan di dalam hidup kita. Jalan-jalan Tuhan begitu sulit untuk dipahami.

Syair lagu ini juga bisa  menceritakan keadaan Ayub yang tidak dapat dimengertinya. Andaikata Ayub masih hidup ketika lagu ini menjadi terkenal, mungkin dia akan menyanyikan lagu ini. Mengapa kekayaannya habis ludes dihantam badai? Mengapa anak-anak Ayub mengalami kematian yang tragis? Mengapa  Ayub harus menderita sakit penyakit? Mengapa istrinya harus mengatai-ngatainya? Mengapa dan mengapa? Sejumlah pertanyaan pasti dilontarkannya dan tak satupun yang akan bisa dijawabnya dengan baik.

Kita yang terbatas tidak akan dapat mengerti rencana Tuhan yang tak terbatas. Firman Tuhan mengatakan di dalam  Roma 11:33 : “O, alangkah dalamnya kekayaan, hikmat dan pengetahuan Tuhan! Sungguh tak terselidiki keputusan-keputusan-Nya dan sungguh tak terselami jalan-jalan-Nya!”  Kita tidak dapat mengetahui secara pasti jawaban dari pertanyaan apa, mengapa dan bagaimana kehidupan kita kelak. Kita tidak dapat mengetahui secara pasti rencana-rencana Tuhan atas hidup kita. Hanya satu yang dapat kita pahami dari Tuhan yaitu bahwa Dia peduli kepada umatNya dan tidak ada satupun rencana Tuhan yang gagal dalam hidup kita. Kita dapat melihat bahwa seberat apapun masalah yang dialami oleh Ayub, Tuhan peduli kepada dia dengan melarang Iblis untuk mengambil nyawanya (Ayub 2:6) dan pada akhirnya dia dipulihkan. Tuhan peduli kepada umatNya dan Dia tidak memberikan cobaan melebihi kemampuan manusia (1 Korintus 10:13). Sekarang bagi saudara yang mungkin berbeban berat dan memiliki masalah yang belum terselesaikan, mari datang kepada Yesus dan yakinlah bahwa Dia peduli kepada kita dan Dia akan memberikan jalan keluar bagi masalah yang ada serta tidak ada rencana Tuhan yang gagal bagi kehidupan umatNya. Terpujilah nama Tuhan. Amin (21022012)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar