Kamis, 02 Februari 2012

TETAPLAH BELAJAR


Mazmur 19:8 Taurat TUHAN itu sempurna, menyegarkan jiwa; peraturan TUHAN itu teguh, memberikan hikmat kepada orang yang tak berpengalaman.

Tidak belajar sehari adalah sebuah kesalahan, tidak belajar seminggu adalah sebuah kebodohan, tidak belajar setahun adalah sebuah kemiskinan dan kemalaratan dan tidak belajar seumur hidup adalah sebuah warisan yang berbahaya buat keturunan. Ini adalah sebuah kata-kata bijak yang mungkin pernah kita dengar untuk memotivasi agar selalu mau belajar. Belajar tidak memandang usia, belajar tidak memandang status, tetapi belajar membutuhkan tekad dan kemauan.

Orang sukses adalah orang yang mau belajar. Tidak ada orang sukses yang datang dengan sendirinya dan dengan tiba-tiba. Orang dapat belajar dari pengalaman diri sendiri dan dari pengalaman orang lain. Itu sebabnya dikatakan demikian “Pengalaman adalah guru yang terbaik”. Ketika kita tidak mau belajar dari kesalahan, hal itu adalah sebuah kebodohan. Ketika kita belajar dari dari pengalaman orang lain, hal ini adalah sebuah kearifan.

Mungkin kita berkata, “Aku ini tidak berpengalaman”,  “Aku tidak bisa karena tidak pernah melakukannya”, dan lain sebagainya. Ingatlah, bahwa tidak ada manusia yang langsung memiliki pengalaman. Orang pintar akan mendapatkan pelajaran dari pengalamannya sendiri, tetapi orang bijak akan belajar dari pengalaman orang lain. Firman Tuhan mengatakan agar kita mendengarkan didikan, dan belajar dari kesalahan orang lain agar bisa menjadi bijak (Amsal 8:33). Orang yang bijak akan mewarisi kehormatan, tetapi orang yang bebal akan menerima cemooh. (Ams 3:35). Sebagai orang percaya, kita harus belajar dari firman Tuhan agar bisa menjadi bijak. Ada begitu banyak pengalaman yang dapat dipelajari di dalam Alkitab yang bisa membuat kita menjadi bijak. Kesalahan beberapa tokoh alkitab yang menjauh dari Tuhan bisa menjadi pelajaran buat kita bahwa menjauh dari Tuhan akan membuat hidup kita tidak berarti apa-apa. Pengalaman dan perilaku Yesus Kristus yang diceritakan oleh Alkitab bisa menjadi teladan bagi kita bahwa kehidupan harus memancarkan kasih kepada sesama. Itulah sebagian pelajaran bagi orang yang mau belajar kebenaran agar memiliki pengalaman hidup bersama dengan Tuhan. Mari terus belajar dan jadilah bijak seperti kata firman Tuhan. Terpujilah nama Tuhan. Amin. (02022012)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar