Rabu, 12 Oktober 2011

TAKUTLAH AKAN TUHAN


Pengkhotbah 12:13 ¶  Akhir kata dari segala yang didengar ialah: takutlah akan Tuhan dan berpeganglah pada perintah-perintah-Nya, karena ini adalah kewajiban setiap orang.

Setelah panjang lebar memaparkan segala sesuatu mengenai hikmat dan kebijaksanaan, pengkhotbah menyampaikan sebuah kesimpulan bahwa semua orang harus takut akan Tuhan dan berpegang pada perintah-perintahNya. Tidak ada sumber lain yang bisa membuat orang berhikmat selain daripada Tuhan dan untuk memperoleh hikmat tersebut setiap orang harus mau datang kepadaNya.

Ada orang mengatakan bahwa hikmat bersumber pada orang yang tua, dan pengertian pada orang yang lanjut umurnya. Tetapi sebenarnya pada Tuhanlah hikmat dan kekuatan, Dialah yang mempunyai pertimbangan dan pengertian. (Ayb 12:12-13). Kita perlu mengetahui hal ini agar kita tidak diombang-ambingkan oleh adanya orang-orang yang mengklaim dirinya bijaksana, mengklaim dirinya berhikmat sehingga kita datang kepadanya dan belajar untuk memperoleh hikmat tersebut yang pada dasarnya adalah hikmat manusia.

Saudara, mari kita memperoleh hikmat yang benar di dalam Tuhan. Mazmur 111:10  mengatakan bahwa Permulaan hikmat adalah takut akan TUHAN, semua orang yang melakukannya berakal budi yang baik. Dengan takut akan Tuhan, kita akan memperoleh kebijaksanaan, pengetahuan, akal budi, dan akan diberikan hikmat yang tiada bandingannya. Kita dapat membedakan antara kehendak Tuhan dengan kehendak manusia, dapat membedakan yang jahat dan yang benar. Takut akan Tuhan akan membuat langkah-langkah kehidupan kita menjadi lebih terarah, memiliki tujuan, memiliki kekuatan serta pengharapan. Takut akan Tuhan akan membuat hidup kita menjadi lebih berarti dan tidak tergantung pada hikmat manusia yang semu dan tidak memiliki jalan keluar (1 Korintus 2:5). Inilah yang menjadi  renungan kita bersama sehingga setiap orang percaya memiliki kewajiban untuk takut akan Tuhan dan menuruti segala perintah-perintahNya sehingga hidup kita lebih berguna dan menjadi berkat bagi orang lain. Terpujilah nama Tuhan. Amin (13102011).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar