Rabu, 26 Oktober 2011

JADILAH TENANG


1Ptr 4:7 Kesudahan segala sesuatu sudah dekat. Karena itu kuasailah dirimu dan jadilah tenang, supaya kamu dapat berdoa.

Segala sesuatu dapat terjadi di dunia ini. Kondisi yang tadinya kelihatan tenang, ternyata menyimpan begitu banyak masalah. Ada begitu banyak hal yang bisa membuat seseorang menjadi kuatir dan gelisah. Ketika masalah datang menghampiri, seorang hamba Tuhan sekalipun bisa berbalik menjadi seorang yang harus ditopang. Kenapa? Karena tidak dapat menguasai diri dan menjadi panik.

Tidak dapat menguasai diri dan menjadi panik seringkali membuat masalah menjadi besar. Orang yang tidak dapat menguasai diri tidak akan dapat berdoa dengan tenang. Yang ada di dalam pikiran seseorang yang panik ketika menghadapi masalah adalah bagaimana agar segera dapat menyelamatkan diri dan keluar dari masalah. Segala hal diterobos dengan menggunakan kekuatan diri sendiri dan lupa untuk berdoa.

Saudara, renungan kali membawa kita kepada sebuah hal yaitu agar kita dapat menguasai diri. Pada saat sekarang ini, ada begitu banyak hal yang membuat kita menjadi takut, gelisah, dan kuatir. Ancaman dari teroris yang ingin menghancurkan umat Tuhan, adanya intimidasi dari selompok orang tertentu yang membuat umat Tuhan menjadi takut , adanya pesan singkat yang disampaikan oleh orang-orang tertentu yang membuat kita menjadi gentar, dan lain sebagainya adalah hal-hal yang bisa membuat kita menjadi tidak lagi dapat menguasai diri dan panik. Kita tidak tahu harus lari kemana karena semua tempat memang tidak aman. Melarikan diri dari kenyataan bukanlah sebuah jawaban. Tetapi dengan menguasai diri dan menjadi tenang, kita dapat datang kepada Tuhan dengan berdoa. Doa adalah komunikasi kepada Tuhan. Kita mengadu kepadaNya, kita serahkan semua permasalahan yang ada kepada Tuhan yang adalah pemelihara hidup kita. Oleh karena itu, mari kuasai diri kita dan menjadi tenang ketika menghadapi kesudahan segala sesuatu dan masa yang sukar, sehingga kita dapat berdoa untuk keselamatan jiwa kita. Terpujilah nama Tuhan. Amin. (27102011)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar