Jumat, 13 Mei 2011

PASSION


Yosua 1:8  Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.

Masihkah kita bergairah dan bersemangat menjalani hidup ini? Masalah hidup, penderitaan hidup, kesedihan, dukacita dan tangisan yang mengiringi hidup sering membuat kita menjadi tidak bergairah dan bersemangat dalam menjalani hidup ini.  Hal ini berdampak pada produktivitas dan kinerja kita masing-masing di lingkungan pekerjaan, sekolah dan lain sebagainya. Mengapa hal ini dapat terjadi dalam hidup kita?

Gairah dan semangat hidup yang menurun dapat diibaratkan seperti seorang yang mengalami kelaparan karena tidak makan berhari-hari sehingga membuatnya lemah dan tidak dapat melakukan kegiatan sehari-hari dengan baik. Kalau hal ini dibiarkan berlanjut terus akan dapat membuat kita tidak berdaya dan pada akhirnya akan mati. Demikian juga dengan rohani kita, tidak bergairah dan tidak bersemangat dikarenakan tidak pernah diberikan makan secara baik dan berkesinambungan.

Tubuh rohani yang tidak pernah diberikan makan akan membuat segala kesedihan, kepedihan hati, kegagalan, kepahitan dan lain sebagainya dapat mengacaukan hidup kita dengan membuat kita tidak bergairah dan tidak bersemangat lagi menjalani hidup ini (Amsal 15:13). Yosua mengalami hal yang sama dimana dia mulai tidak bergairah dan tidak bersemangat karena kematian Musa. Namun gairah dan semangat Yosua segera bangkit kembali karena dia diingatkan agar selalu memperkatakan dan merenungkan firman Tuhan siang dan malam. Firman Tuhan adalah kekuatan bagi hidup Yosua dan kita semua di dalam menghadapi segala persoalan hidup yang mendera kita (Yes 40:29). Kita tidak dapat menghadapi persoalan hidup kalau tubuh rohani tidak kuat, tidak bergelora dan tidak bersemangat. Rohani yang sehat, rohani yang kuat, yang bergelora dan bersemangat akan dapat menghancurkan segala gunung persoalan dan itu hanya dapat diperoleh bersama dengan Tuhan melalui pembacaan firman Tuhan setiap hari. Kalau kita bergairah dan bersemangat karena selalu diingatkan oleh firman Tuhan, maka perjalanan hidup kita berhasil. Oleh karena itu, mari selalu membaca, mendengarkan dan merenungkan firman Tuhan agar kita bergairah dan bersemangat dalam menjalani hidup ini. Terpujilah nama Tuhan. Amin. (13052011)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar