Rabu, 25 Januari 2012

MENGEMBANGKAN TALENTA


Matius 25:18 ¶   Tetapi hamba yang menerima satu talenta itu pergi dan menggali lobang di dalam tanah lalu menyembunyikan uang tuannya.

Setiap orang pasti memiliki kemampuan, memiliki talenta dan keunikan tersendiri. Tidak ada seorang pun di dunia ini yang tidak memiliki kemampuan, bakat dan talenta, semua memiliki dan semuanya telah diberikan Tuhan. Talenta yang dimiliki yang Tuhan percayakan kepada kita harus dipergunakan sedemikian rupa dengan baik dan setia sehingga bisa bermanfaat bagi diri sendiri, bagi masyarakat dan bagi kemuliaan nama Tuhan. Coba kita perhatikan orang-orang yang sukses di sekeliling kita, mereka bukanlah orang-orang yang istimewa pada umumnya, tetapi mereka adalah orang-orang yang setia di dalam mengasah kemampuannya. Mereka memulai dari bawah, mereka memulai segala sesuatunya dari nol, setapak demi setapak mereka melangkah menggapai tangga sukses yang lebih tinggi.

Namun  ada begitu banyak orang gagal dan menjadi orang yang tidak berguna sama sekali karena memandang sebelah mata talenta yang dimilikinya. Menganggap bahwa kemampuan yang dimilikinya tidak berguna dan menganggap hal tersebut adalah sia-sia. Orang gagal adalah orang yang tidak pernah mencoba sama sekali untuk mengembangkan talenta yang dimilikinya. Dalam alkitab kita dapat melihat perumpamaan tentang seorang yang memiliki satu talenta. Karena menganggap sepele kemampuan yang dimilikinya maka dia enggan dan malas untuk mengembangkannya sehingga dia menjadi orang yang tidak berguna sama sekali. (Matius 25:30)

Kita harus belajar untuk mengembangkan talenta yang dimiliki. Sekecil apapun kemampuan yang dimiliki, apabila kita rajin dan setia mengembangkannya, maka Tuhan akan mempercayakan hal lain yang lebih besar lagi. Kegagalan bukan dikarenakan kita tidak berhasil melakukan sesuatu, tetapi karena kita tidak pernah mencoba sesuatu. Ketika mendapatkan kegagalan, kita harus mencoba lagi, gagal coba lagi, gagal coba lagi sampai akhirnya kita akan berhasil. Ketika kita berhasil mengatasi kegagalan kita, maka kita akan belajar untuk memperoleh jalan keluar dan Tuhan akan memampukan kita untuk menemukan jalan keluar itu. Yang penting di sini, jangan pernah membiarkan talenta yang dimiliki tertanam dan dibiarkan begitu saja sehingga tidak membuahkan hasil. Tapi marilah kita berusaha untuk mencoba dan mencoba serta berusaha mengembangkan talenta yang dimiliki sampai kita menemukan talenta-talenta baru yang Tuhan percayakan kepada kita. Orang akan melihat bahwa sukses demi sukses kita peroleh dan mereka tidak lagi melihat talenta yang kita miliki hanya satu tetapi sudah lebih daripada itu. Terpujilah nama Tuhan. Amin. (26012012)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar