Selasa, 06 Maret 2012

EBEN-HAEZER


1 Samuel 7:12  Kemudian Samuel mengambil sebuah batu dan mendirikannya antara Mizpa dan Yesana; ia menamainya Eben-Haezer, katanya: "Sampai di sini TUHAN menolong kita."

Kemenangan yang diperoleh pasukan Israel di bawah pimpinan nabi Samuel adalah dikarenakan mereka telah kembali kepada Tuhan. Sebelumnya mereka mengalami kekalahan demi kekalahan yang disebabkan karena mereka telah lupa dan telah jauh dari Tuhan serta menyembah allah yang lain. Setelah menang, Samuel meletakkan batu sebagai tanda peringatan bahwa Tuhan sudah menolong mereka dan menamai tempat itu Eben-Haezer, yang berarti “Sampai di sini Tuhan menolong kita.”

Kalau Samuel telah mengatakan : “Sampai di sini Tuhan menolong kita”, bukanlah sebuah pernyataan bahwa Tuhan berhenti menolong mereka. Tetapi ini adalah sebuah tugu batu yang didirikan oleh Samuel untuk mengingatkan semua orang bahwa Tuhan pernah menolong bangsa Israel mengalahkan orang Filistin di tempat batu itu berada. Tugu batu ini didirikan agar mereka tetap ingat kepada Tuhan bahwa pertolongan Tuhan tidak pernah terlambat, tepat pada waktunya. Tugu batu itu dibuat agar bangsa Israel tidak pernah lupa akan kebaikan Tuhan.

Sekarang pertanyaannya bagi kita, adakah kita juga membuat sebuah batu peringatan di dalam hati kita bahwa Tuhan pernah menolong kita tepat pada waktunya? Apakah kita selalu lupa akan kebaikan Tuhan dan hanya mengingat masalah kita saja? Tidakkah kita bisa mengatakan “Eben-Haezer” pada setiap kesempatan bahwa Tuhan telah menolong saya. Kita ingat kebaikan Tuhan. kita ingat pertolonganNya. Kita ingat bahwa tidak pernah terlambat pertolonganNya. Hanya kita saja merasa bahwa pertolonganNya yang terlambat karena belum mendapatkan jawaban atas pergumulan yang ada. Kita merasa bahwa Tuhan jauh dari kita. Tetapi yakinlah, seperti kata firman Tuhan di dalam Roma 8:28  bahwa Tuhan turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Tuhan.  Kalau kita berhasil melalui segala masalah yang ada dan memperoleh kemenangan demi kemenangan, jangan pernah lupa untuk mengingat dan mengatakan “Eben-Haezer” atas kebaikan Tuhan kepada kita.  Namun sebaliknya, apabila kita masih belum memperoleh jalan keluar atas permasalahan yang ada dan masih bergumul untuk hal tersebut, ingat jugalah untuk mengatakan “Eben-Haezeer”. Terpujilah nama Tuhan. Amin. (07032012).
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar