Kamis, 29 Maret 2012

TETAPLAH BERDOA


TETAPLAH BERDOA
1Tesalonika 5:17 Tetaplah berdoa.

Apakah saudara sudah mulai putus asa dan mulai merasa bahwa segala sesuatu yang dilakukan sudah tidak ada artinya lagi? Apakah semangat saudara untuk berdoa sudah mulai menyurut atau bahkan sudah tidak pernah lagi berlutut di hadapan Tuhan untuk bergumul tentang segala sesuatu yang dialami? Kalau Saudara mulai jenuh, mulai putus asa, mulai tidak memiliki pengharapan  dan tidak pernah lagi berlutut di hadapan Tuhan, maka saudara beruntung diingatkan oleh firman Tuhan kali ini yang mengajak kita semua untuk tetap berdoa.

Berdoa dilakukan bukan hanya sekali, bukan hanya dua kali atau bahkan hanya sesekali ketika merasa penting untuk berdoa. Berdoa bukan hanya dilakukan ketika memiliki masalah, tetapi berdoa dilakukan baik ketika memiliki masalah maupun ketika tidak memiliki masalah. Kita harus senantiasa berdoa baik suka maupun duka. Berdoa adalah nafas kehidupan orang percaya. Tanpa doa yang benar di dalam nama Yesus Kristus, kita tidak akan berarti apa-apa. Segala hal yang dialami, mungkin mengenai diri sendiri, mungkin mengenai orang lain, mungkin mengenai keluarga, mungkin mengenai pekerjaan, mungkin mengenai masyarakat, atau bahkan mungkin mengenai permasalahan bangsa dan negara ini dapat diletakkan di bawah kaki Yesus melalui doa yang disampaikan.

Berdoa dengan sungguh-sungguh dan dengan keyakinan penuh amat besar kuasanya (Yakobus 5:16b). Ingatlah tentang Hana yang selalu berdoa untuk memohon seorang anak bagi dirinya. Bertahun-tahun dengan tiada jemu-jemunya dia berdoa kepada Tuhan (1 Samuel 1:3). Hasilnya? Sungguh luar biasa, dia dikaruniai seorang anak yang kemudian diberi nama Samuel. Ingat juga mengenai Daniel yang selalu berdoa setiap hari. Tiga kali sehari dia berlutut dan berdoa kepada Tuhan. (Dan 6:10). Sebagai seorang pejabat tinggi, dia selalu bergantung kepada Tuhan. Hasilnya? Jabatannya dapat bertahan sampai beberapa periode pergantian raja. Sungguh luar biasa. Banyak contoh tentang tokoh alkitab yang berhasil karena senantiasa berdoa.  Bagaimana dengan kita? Mari kita mengikuti ajakan firman Tuhan untuk senantiasa berdoa, berdoa dan berdoa. Tiada yang dapat kita lakukan untuk menghadapi segala permasalahan kita selain berdoa dengan sungguh-sungguh dan tiada jemu-jemu serta nantikan hasilnya yang luar biasa yang tidak pernah terlihat oleh mata dan tidak pernah didengar oleh telinga serta tidak pernah terbayangkan oleh akal pikiran manusia. Selamat berdoa. Terpujilah nama Tuhan. Amin. (30032012)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar