Kamis, 18 April 2013

TUHAN BUKA JALAN


TUHAN BUKA JALAN

Kel 13:21  TUHAN berjalan di depan mereka, pada siang hari dalam tiang awan untuk menuntun mereka di jalan, dan pada waktu malam dalam tiang api untuk menerangi mereka, sehingga mereka dapat berjalan siang dan malam.

Di dalam menghadapi masalah, seringkali kita merasa menemukan jalan buntu. Tidak tahu harus bagaimana, tidak tahu harus berbuat apa, dan tidak tahu lagi mau lari kemana. Tidak punya pegangan dan tidak punya harapan. Kita merasa semua yang dilakukan sia-sia, kita putus asa dan kita hidup bagai di padang gurun yang luas yang seakan tidak ada oase yaitu sumber air yang dapat memberikan kita kelegaan. Kita hanya menemukan sebuah fatamorgana seakan-akan telah menemukan sumber air, padahal bukan.

Mengapa hal ini dapat terjadi dalam kehidupan kita? Karena kita tidak mencari Tuhan. Itu sebabnya ketika menghadapi masalah dan lari kepada kehidupan dunia dengan pesta pora, dengan mabuk-mabukan, pergi ke diskotik dan lain sebagainya, kita menganggap hal-hal tersebut dapat memberikan kelegaan, padahal bukan. Yang kita dapatkan bukan kelegaan, bukan damai sejahtera, bukan sukacita, tapi sebaliknya semuanya hanya halusinasi dari kehidupan. Seakan-akan telah ada kelegaan, seakan-akan ada sukacita, seakan-akan ada damai sejahtera dan lain sebagainya.

Ketahuilah, bahwa sebenarnya di balik semua pergumulan hidup menghadapi masalah kita harus mencari Tuhan. Firman Tuhan mengatakan : “Carilah TUHAN selama Ia berkenan ditemui; berserulah kepada-Nya selama Ia dekat!” (Yes 55:6). Tuhan ada berjalan di depan kita. Dia selalu menerangi jalan kehidupan dan menuntun langkah kaki kita agar tidak terjatuh. Dan ketika kita jatuh Dia akan menopang kita sehingga tidak terjerambab. Dia selalu siap sedia untuk membuka jalan bagi perjalanan hidup kita ketika kita menemukan jalan buntu. Jadi tetaplah semangat mengarungi padang gurun kehidupan dan tetap mengikuti Dia karena Tuhan berjalan di depan untuk membuka jalan saat tiada jalan. Kasih karunia Tuhan menyertai kita. Amin.  (19042013)   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar