Kamis, 22 November 2012

TUHAN TAHU LANGKAH KAKI UMATNYA


TUHAN TAHU LANGKAH KAKI UMATNYA

Ams 5:21 Karena segala jalan orang terbuka di depan mata TUHAN, dan segala langkah orang diawasi-Nya.

Salah saatu janji Tuhan kepada orang percaya  adalah Dia berjanji akan memberikan dan membuka jalan bagi kita yang belum menemukan jalan. Pada saat kita berada di dalam kesesakan, pada saat kita berada di dalam masalah dan pada saat kita berada di dalam pencobaan serta semuanya seperti tidak ada jalan keluar, Tuhan akan memberikan jalan keluar itu (1 Korintus 10:13). Bagaimana caranya?

Seringkali jalan keluar yang diinginkan adalah seperti yang kita pikirkan. Itu sebabnya kita menjadi buntu dan kehilangan akal untuk menggapainya karena akal pikiran kita terbatas, gelap dan tidak dapat melihat jalan keluar yang sebenarnya. Akibatnya kita menjadi lelah, frustasi dan putus asa. Sama seperti orang Yahudi di pembuangan yang merasa tidak ada jalan keluar untuk dapat membangun rumah Tuhan di Yerusalem. Mereka pikir nggak mungkin lagi bisa membangun rumah Tuhan itu sendirian. Tapi pada kenyataannya Tuhan menggerakkan raja Persia yang berkuasa pada saat itu yaitu Koresh untuk membangun rumah Tuhan. (Ezra 1:1). Sesuatu yang di luar perkiraan bangsa Israel pada saat itu karena Tuhan memakai orang yang bukan umat Tuhan.

Kita harus memahami bahwa Tuhan selalu melihat dan mengawasi langkah umatNya kemanapun dan dimanapun dia berada. Jadi tidak mungkin Tuhan tidak melihat umatNya. Dia melihat dan mengetahui secara detail bagaimana kondisi umatNya, kemana jalan-jalannya dan lain sebagainya. Ketika kita menemukan jalan buntu, Tuhan tahu bahwa di balik jalan buntu itu ada sesuatu yang sudah dipersiapkanNya. Tuhan sudah persiapkan orang-orang yang mau menolong kita untuk membuka jalan keluar, Tuhan sudah persiapkan bahan siap pakai yang akan digunakan untuk membongkar sebuah jalan keluar. Jadi kalau kita menemukan jalan buntu dan kita merasa susah, sesak, frustasi dan putus asa, itu berarti kita masih menggunakan akal pikiran dan kemampuan diri sendiri. Tuhan mau agar semua umat-Nya mengandalkan diriNya. Oleh karena itu, serahkanlah semuanya kepada Tuhan, maka kita pasti akan menemukan jalan keluar. Jangan kuatir dan takut karena Tuhan menyertai umatNya dan Dia turut bekerja dalam segala hal sehingga semua akan indah pada waktunya. Kasih karunia Tuhan menyertai kita semua. Amin. (21112012)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar