Senin, 25 Maret 2013

HAL KUATIR


HAL KUATIR

Matius 6:27  Siapakah di antara kamu yang karena kekuatirannya dapat menambahkan sehasta saja pada jalan hidupnya?

Ini adalah sebuah pertanyaan yang dilontarkan oleh Tuhan kepada para pengikutNya agar mereka tidak menjadi kuatir mengenai kehidupannya di masa yang akan datang. Ada begitu banyak orang mengalami rasa kuatir yang berlebihan sehingga memerlukan sebuah nasehat yang seperti ini yang dapat menenangkan dan menyejukkan hati. Kita tidak dapat pungkiri bahwa sebagai manusia yang melihat begitu banyak peristiwa aneh dan menakutkan di sekitar kita, sedikit banyak membuat kita menjadi kuatir. Kita berpikir sedemikian rupa jangan-jangan peristiwa itu akan menimpa kehidupan kita.

Rasa kuatir, cemas dan takut memang menjadi bagian hidup manusia dalam kesehariannya. Tidak ada manusia yang bebas dari rasa itu. Sepanjang kehidupan manusia, selama hayat masih dikandung badan, setiap orang pasti akan ditimpa rasa kuatir; kuatir akan tersedianya makanan yang akan dimakan, kuatir akan kelanjutan sekolah anak-anak, kuatir akan masa depan keluarga, kuatir akan karir pekerjaan, dan lain sebagainya. Rasa kuatir timbul karena kita mencari apa yang Tuhan tidak perintahkan yaitu mencari makanan, minuman, pakaian, karir, harta dan lain sebagainya di tempat yang tidak semestinya. Itu sebabnya, Tuhan Yesus datang kepada kita untuk menyatakan sebuah kalimat yang akan membuat kita tenang yaitu : “jangan kuatir”.

Yesus tidak hanya sekedar mengatakan :”Jangan Kuatir”, dan kemudian membiarkan kita sendirian tanpa ada jalan keluar yang pasti tentang mengatasi rasa kuatir itu. Dia mengajak kita untuk membayangkan bahwa rasa kuatir tidak akan menambah panjang umur kita dan tidak membuat kita semakin sejahtera. Dia membuka pikiran kita bahwa sebenarnya yang kita cari itu ada di dalam KerajaanNya. Itu sebabnya Tuhan tidak mengajak kita untuk mencari harta, jabatan, kebutuhan jasmani dan lain sebagainya terlebih dahulu, tetapi Dia memerintahkan kita untuk mencari Dia dan KerajaanNya karena memang disanalah semua terdapat yang kita cari dan yang kita butuhkan. Tuhan sudah menjamin dan menyediakan semua apa menjadi kebutuhan umatNya. Tinggal kita sekarang, apakah mau datang kepadaNya atau tidak. Kalau kita datang kepadaNya maka rasa kuatir itu tidak akan ada karena Dia sudah berjanji akan menyediakan semuanya bagi kita, tetapi kalau kita mencarinya di tempat yang tidak Dia tunjuk, maka pastilah rasa takut, kuatir dan cemas akan selalu menghantui kita. Pilihan ada di tangan kita. Kasih karunia Tuhan menyertai kita semua. Amin. (20032013)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar