Selasa, 12 Juni 2012

KELAK BARU BISA MENGERTI


KELAK BARU BISA MENGERTI

Yohanes 13:7  Jawab Yesus Kepadanya: "Apa Yang Kuperbuat, Engkau Tidak Tahu Sekarang, Tetapi Engkau Akan Mengertinya Kelak."

Setiap peristiwa yang terjadi di dalam hidup kita seringkali menjadi tanda tanya besar di dalam diri mengapa semua harus terjadi. Kita tidak bisa mengerti mengapa di PHK secara sepihak oleh perusahaan tempat bekerja. Kita tidak bisa memahami mengapa orang lain berusaha untuk menjatuhkan karir pekerjaan kita. Kita tidak bisa tahu mengapa harta benda kita hilang dicuri maling, harta benda kita ludes dilalap api, dan lain sebagainya. Kita sudah berbuat baik tetapi yang jahat datang kepada kita.

 Memang setiap peristiwa yang dialami dan sedang terjadi saat ini seringkali membuat hati menjadi miris, sedih dan pilu. Kita ingin memberontak karena keadaan seakan tidak menguntungkan dan kita terlihat kalah, malu dan kehilangan muka. Kita diperlakukan orang lain dengan tidak adil, tidak semestinya dan semena-mena. Jabatan yang seharusnya menjadi milik kita, diberikan kepada orang lain yang lebih dekat dengan pimpinan.  Kita menjadi putus asa, kehilangan harapan dan tidak bergairah sama sekali.

Kita baru bisa memahami ketika kelak pada saatnya kita menikmati pertolongan dan berkat Tuhan yang mengalir deras di dalam kehidupan kita. Kalau sudah seperti ini, kita baru bisa ingat kisah tentang Jusuf yang pada awalnya mengalami begitu banyak penderitaan namun pada akhirnya dia menjadi orang yang sukses di negeri orang. Kita baru bisa menguntai kejadian demi kejadian yang dialami semuanya adalah untuk kebaikan dan bukan untuk membinasakan kita. Kita baru bisa mengerti bahwa semua adalah bagian dari rencana Tuhan dan rencanaNya ternyata tidak pernah gagal.   Walaupun kehidupan kita pada awalnya kelihatan babak belur, tetapi pada akhirnya kita memperoleh kemenangan yang lebih dari yang menang. Nah, kalau kita sudah tahu saat ini bahwa kelak kondisi kita akan mengalami kemenangan dan semua peristiwa yang terjadi adalah bagian dari rencana Tuhan dan kita juga sudah tahu bahwa rencana Tuhan tidak pernah gagal, mengapa kita masih mengeluh tentang keadaan kita saat ini dan meragukan keadaan kita pada masa yang akan datang?  Renungkanlah kembali hal ini agar kita tetap bergairah menjalani hidup ini karena kelak kita tahu bahwa Tuhan selalu punya rencana yang indah bagi umatNya yang berharap dan berserah kepadaNya. Kasih karunia Tuhan menyertai. Tuhan Yesus berfirman dalam Wahyu 22:13 “Akulah yang pertama dan yang terakhir; Akulah Tuhan dari Permulaan sampai Penghabisan” Amin (BIS) (13062012)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar