Selasa, 05 Juni 2012

MENCARI KERAJAAN SORGA


MENCARI KERAJAAN SORGA

Lukas 17:20-21 ¶  Atas pertanyaan orang-orang Farisi, apabila Kerajaan Allah akan datang, Yesus menjawab, kata-Nya: "Kerajaan Allah datang tanpa tanda-tanda lahiriah, juga orang tidak dapat mengatakan: Lihat, ia ada di sini atau ia ada di sana! Sebab sesungguhnya Kerajaan Allah ada di antara kamu."

Kunci sukses yang pertama telah diberikan kepada kita yaitu mencari dahulu Kerajaan Sorga dan kebenaranNya. Namun kita bingung bagaimana mencari Kerajaan Sorga dan KebenaranNya karena semuanya adalah tidak kelihatan dan abstrak. Bagaimana kita bisa menjadi setia dan taat karena tidak menemukannya? Karena tidak bisa menemukan menyebabkan kita menganggap bahwa Kerajaan Sorga itu hanya bisa ditemukan di gereja, di tempat persekutuan dan tempat-tempat ibadah sehingga menganggap bahwa dengan aktif di gereja, di persekutuan dan tempat ibadah sebagai majelis, kolektan,  pemain musik dan lain sebagainya sudah menemukan Kerajaan Sorga yang sebenarnya.

Karena ketidakmengertian inilah mengakibatkan ada banyak orang salah jalan seperti orang Farisi menganggap bahwa untuk mendapatkan Kerajaan Sorga itu harus dilakukan dengan berbagai cara yang masuk di akal dan melakukan hukum Taurat secara sempurna. Jangan lakukan ini dan itu, lakukan ini dan itu dan  lain sebagainya. Mereka melakukan segala sesuatu berpusatkan pada diri sendiri dan mengandalkan diri sendiri. Mereka mencari dan mencari, mereka meneliti berbagai kitab suci karena menganggap dengan cara seperti itulah dapat menemukan Kerajaan Sorga dan KebenaranNya, namun sampai sekarang mereka tidak menemukan.

Yang perlu dipahami adalah bahwa Kerajaan Sorga bukanlah perkara jasmani  tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus (Roma 14:17) dan juga tidak berbicara mengenai dimensi waktu, ruang dan tempat. Dengan bahasa sederhana, untuk mencari Kerajaan Sorga dan kebenaranNya, ada peranan Roh Kudus yang menerangi hati dan pikiran kita. Tanpa ada Roh Kudus, maka kita tidak akan menemukan apa yang kita cari yaitu Kerajaan Sorga dan kita akan seperti orang Farisi yang hanya bisa meneliti firman Tuhan tanpa bisa memahaminya. Kalau Roh Kudus ada di dalam kehidupan kita, maka Dialah yang menerangi hati dan pikiran kita sehingga setiap kata demi kata di dalam firman Tuhan yang dibaca akan memberikan makna dalam hidup kita. Kalau firman Tuhan semakin bermakna dalam hidup kita, maka kita akan semakin berhikmat dan semakin bijaksana yang membuat kita semakin dekat dengan Tuhan dan Kerajaan Sorga itu hadir dalam hidup kita sehingga perilaku dan tindakan kita akan berpusatkan pada Tuhan. Dalam hal ini keakuan kita akan semakin mengecil, tetapi Tuhan semakin diandalkan dan semakin berperan dalam hidup kita. Kalau Tuhan semakin diandalkan, tingkap-tingkap langit akan dibukakan, berkat Tuhan akan tercurah dan sukses akan diperoleh. Kalau sukses yang diperoleh dengan cara demikian,  maka tidak ada lagi perkataan bahwa sukses adalah berkat Kerja Keras tetapi semua karena anugerahNya. Terpujilah nama Tuhan. Amin. (06062012)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar