Rabu, 16 Januari 2013

BERKATA DENGAN BIJAK



BERKATA DENGAN BIJAK

Matius 15:18  Tetapi apa yang keluar dari mulut berasal dari hati dan itulah yang menajiskan orang.

Pemberitaan media massa tentang tokoh atau orang terkenal salah bicara saat ini sedang hangat dibicarakan. Katakanlah seorang pengacara muda yang mengatakan salah bicara dan tidak tahu mengenai apa yang dibicarakannya tentang seseorang di media massa. Ada juga calon hakim agung yang mengatakan salah bicara karena tidak sengaja mengucapkan sesuatu yang tak sesuai dengan norma agama dan hati nurani. Lantas bagaimana? Pelajaran apa yang dapat kita petik dari kejadian ini? Apakah kita ikut mencibir atau ikut menghujat mereka?

Dari kejadian ini kita dapat belajar untuk lebih arif dan bijaksana  dengan kembali merenungkan apa yang telah dikatakan oleh Yesus kepada para murid : "Dengar dan camkanlah: bukan yang masuk ke dalam mulut yang menajiskan orang, melainkan yang keluar dari mulut, itulah yang menajiskan orang." (Matius 15:11). Artinya, setiap perkataan yang keluar dari mulut kita, itulah yang dapat menajiskan banyak orang, menyakiti banyak orang atau sebaliknya memberkati banyak orang.

Itu sebabnya Yakobus mengingatkan kita di dalam Yakobus 1:19 untuk lambat berkata-kata dan untuk dapat mengekang lidah kita (Yakobus 1:26). Artinya pikirkanlah terlebih dahulu apa yang akan dikatakan.  Jangan sampai kita salah mengatakan sesuatu yang dapat membuat orang lain sakit hati. Jangan sampai kita menghujat orang lain yang membuatnya terhina. Jangan sampai kita mengeluarkan kata-kata yang bernada amarah yang membuat orang lain menjadi tidak simpati kepada kita. Karena menurut ucapanmu engkau akan dibenarkan, dan menurut ucapanmu pula engkau akan dihukum. (Matius 12:37). Oleh karena itu, sebagai umat Tuhan mari kita menyampaikan segala sesuatu kepada orang lain dengan arif dan bijaksana dengan mengenakan kasih Kristus sehingga kita terhindar dari hukuman yang sangat tidak mengenakkan. Kasih karunia Tuhan menyertai kita. Amin. (16012013)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar