Senin, 28 Januari 2013

DAMAI YANG SESUNGGUHNYA


DAMAI YANG SESUNGGUHNYA

Yoh 14:27 Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu.

Kerusuhan lagi, kerusuhan lagi. Banjir lagi, gempa lagi. Perang lagi, lagi-lagi perang. Mengungsi ke sana, mengungsi ke mari, jadinya ke sana kemari. Tadinya kita mengira di suatu tempat adalah yang paling aman, ternyata di sana ada bom meledak. Tadinya kita menyangka sebuah tempat tidak bakalan banjir, ternyata banjir. Kita menghindar dari bahaya letusan gunung berapi dengan mengungsi ke tempat yang tidak ada gunung apinya, ternyata di sana terdapat musibah angin puting beliung dan lain sebagainya. Tidak ada tempat yang aman, damai dan nyaman selama hidup di dunia ini.

Kemana kita mau lari? Kemana kita mau mengadu? Ke tempat saudara di kota lain? Dia juga punya masalah. Setiap orang punya masalah dan tidak ada tempat yang aman. Kalaupun dia bisa menolong, sifatnya hanya sementara karena kemampuannya terbatas. Kita gelisah, cemas dan takut, itu pasti. Jangankan masyarakat biasa, petinggi sekalipun dan bahkan orang kaya yang memiliki uang dan harta melimpah juga diliputi rasa takut dan cemas menghadapi keadaan sekarang ini yang serba tidak jelas. Dimanakah damai yang sesungguhnya?

Kalau kita mau mencari damai, saat kita mau mencari ketenangan, kita pasti tidak akan dapat menemukannya dari orang lain, dari saudara, dari pemerintah dan lain sebagainya. Mereka juga seperti kita mau mencari damai dan ketenangan. Rasa damai yang diberikan mereka sifatnya hanya sementara. Hanya kepada Yesus lah kita bisa mendapat damai dan rasa tenang itu. Tidak ada yang lain.  Itu harus kita sadari. Bersama dengan Yesus, apa yang tidak mungkin menjadi mungkin.  Dia adalah Tuhan yang sanggup melakukan segala perkara, Tuhan yang mengetahui apa yang kita perlukan, Tuhan yang sanggup memberikan jalan keluar, Tuhan yang sanggup memberikan mujizat dan lain sebagainya. Dia adalah Raja Damai itu yang akan memberikan damai sejahtera kepada setiap orang yang mau datang kepadaNya. Di dalam Yesus lah ada damai sesungguhnya. Terpujilah nama Tuhan Raja Damai itu. Kasih karunia Tuhan menyertai kita semua. Amin. (25012013)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar