Selasa, 29 Januari 2013

JANGAN SERAKAH


JANGAN SERAKAH

Ams 28:25 Orang yang loba, menimbulkan pertengkaran, tetapi siapa percaya kepada TUHAN, diberi kelimpahan.

“Ini punyaku, itu milikku, dan semuanya adalah hakku.” Kalau bisa semua yang ada adalah kepunyaan kita. Itu adalah salah satu sifat orang yang tamak, serakah dan loba.  Di dalam benaknya selalu timbul hasrat ingin memiliki yang bukan miliknya. Tidak senang orang lain senang dan tidak suka melihat orang lain menjadi kaya.Kalau bisa dirinyalah yang empunya segala-galanya. Mungkinkah? Inilah yang tidak disadari oleh orang yang tamak, serakah dan loba, karena tidak mungkin dia bisa memiliki semuanya.

Kita harus memahami bahwa semua kekayaan, jabatan dan harta yang dimiliki adalah semua bersumber dari Tuhan. Salomo memahami betul hal ini sehingga dia pernah mengatakan di dalam Amsal 10:22, bahwa berkat Tuhan-lah yang menjadikan kaya, susah payah tidak akan menambahinya. Walaupun kita berusaha dengan sekuat tenaga, membanting tulang siang dan malam, apalagi kalau sampai melakukan tindakan yang tidak berkenan kepada Tuhan, maka apabila Tuhan belum mau melimpahi kita berkat, semuanya akan sia-sia.

Itu sebabnya Salomo menekankan kepada kita agar percaya kepada Tuhan yang empunya berkat. Siapapun kita, apapun latarbelakang kita, kalau kita percaya kepadaNya, maka semua yang dilakukan akan menjadi berkat yang melimpah. Kita harus percaya bahwa berkat dan rejeki tidak akan lari kemana. Karena itu jangan pernah berusaha memiliki sesuatu yang bukan miliknya karena hal itu dapat menimbulkan pertengkaran. Kita harus yakin bahwa kalau Tuhan sudah berkehendak kita memiliki sebuah jabatan, maka apapun usaha orang lain untuk menjatuhkan kita, itu tidak akan dapat terlaksana. Kalau Tuhan sudah berkehendak kita memiliki pelanggan yang banyak dan usaha maju, maka bagaimanapun usaha orang untuk menipu dan menjatuhkan kita, tidak akan berhasil. Kalau Tuhan sudah membuka pintu berkatNya kepada kita, tidak ada satupun yang dapat menutupnya kembali (Wahyu 3:8) sehingga kita berkelimpahan. Kalau Tuhan sudah mengangkat kita, tak satupun yang dapat merendahkan kita kembali. Karena itu, jangan pernah menjadi serakah akan harta, jabatan dan kekayaan. Semua sudah ada bagiannya. Kasih karunia Tuhan menyertai kita semua. Amin. (30012013)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar