Senin, 14 Mei 2012

HADAPI MASALAH DENGAN SUKACITA


HADAPI MASALAH DENGAN SUKACITA

Ams 15:13 Hati yang gembira membuat muka berseri-seri, tetapi kepedihan hati mematahkan semangat.

Hidup adalah perjuangan. Tidak ada seorang pun manusia di dunia yang hidupnya tanpa perjuangan, perjuangan melawan masalah, perjuangan melawan penyakit, perjuangan melawan hawa nafsu dan lain sebagainya. Selama manusia hidup di dunia, tidak ada seorang pun yang bisa mengatakan bahwa dia menerima sesuatu tanpa perjuangan. Perjuangan membutuhkan keuletan, ketabahan, ketangguhan dan kesabaran. Tanpa itu semua maka perjuangan yang dilakukan tidak akan dapat memperoleh kemenangan karena mungkin kita akan terhenti di tengah jalan atau mungkin kita menjadi putus asa dan kehilangan pengharapan.

Perjuangan yang dilakukan oleh seseorang adalah merupakan sebuah proses yang harus dilalui. Berat tidaknya sebuah perjuangan tergantung dari sudut pandang  mana seseorang melihatnya. Bagi seorang pengemis, perjuangan untuk memperoleh uang senilai seratus ribu rupiah adalah sebuah perjuangan berat. Tetapi bagi seorang pejabat, uang senilai seratus ribu rupiah bukanlah masalah baginya. Seorang pedagang di pasar memandang bahwa bekerja sebagai pegawai kantoran adalah amat menyenangkan karena selalu berada di ruangan sejuk dan nyaman , tetapi bagi seorang pegawai kantoran, menjadi seorang pedagang adalah amat menyenangkan karena bisa mendapat penghasilan yang tidak terbatas.

Kalau kita sudah memahami bahwa hidup adalah perjuangan, maka kita harus lebih bijaksana dalam melihat kehidupan. Hari lepas hari harus kita lalui dengan  berbagai tantangan baik berat maupun ringan. Setiap tantangan atau masalah yang ada harus dihadapi, dihayati dan dinikmati dengan penuh gairah dan semangat.  Bila  masalah tidak dihadapi dan kita lari daripadanya, maka masalah lain akan menghadang karena selama kita hidup di dunia selalu akan ada masalah.  Ketika menghadapi masalah, ketika menghadapi penyakit atau ketika menghadapi tantangan, hayati dan nikmatilah dengan sukacita dan dengan hati yang gembira karena hati yang gembira adalah obat. Kesedihan hanya akan memperlemah perjuangan kita. Kepedihan hanya akan mematahkan semangat yang ada sehingga membuat kita menjadi terluka dan hilang pengharapan. Ingatlah, rahasia kemenangan orang percaya salah satunya adalah sukacita. Itu sebabnya Rasul Paulus sangat menekankan jemaat Tuhan agar bersukacita senantiasa di dalam Tuhan (Filipi 4;4). Sukacita inilah yang akan membawa kita kepada kemenangan demi kemenangan dan yang akan membedakan kita dengan orang yang tidak mengenal Tuhan. Dengan sukacita akan memancarkan sebuah pengharapan, semangat dan antusias dari dalam diri kita yang akan membawa kita kepada keberhasilan. Oleh karena itu, mari kita menghadapi setiap tantangan dan masalah yang ada dengan suka cita yang dari Tuhan karena itulah sumber kekuatan kita. Terpujilah nama Tuhan. Amin. (15052012)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar