Senin, 28 Mei 2012

MENJADI PELAYAN TUHAN


MENJADI PELAYAN TUHAN

Nehemia 1:11  Ya, Tuhan, berilah telinga kepada doa hamba-Mu ini dan kepada doa hamba-hamba-Mu yang rela takut akan nama-Mu, dan biarlah hamba-Mu berhasil hari ini dan mendapat belas kasihan dari orang ini." Ketika itu aku ini juru minuman raja.

Apakah profesi anda hari ini? Mungkin anda seorang supir, mungkin pegawai negeri, mungkin pegawai swasta, mungkin tukang bakso, artis, pelukis, wartawan, bankir dan lain sebagainya. Apakah anda pernah berpikir dan memiliki beban untuk orang lain, namun tidak mengetahui caranya untuk melayani orang lain dan melayani Tuhan? Dalam benak kita, kita hanya berpikir bahwa beban untuk orang lain, melayani orang lain dan melayani Tuhan adalah tugas seorang pendeta atau penginjil. Kita juga berkata bahwa kita tidak memiliki banyak waktu untuk melayani sesama dan melayani Tuhan.

Nehemia adalah seorang juru minuman raja, sebuah pekerjaan yang mungkin tidak memiliki waktu yang banyak karena harus selalu menemani raja kemana dan dimana pun dia berada. Nehemia juga adalah seorang keturunan Yehuda yang pada saat itu adalah orang buangan di Persia.Tetapi di sela-sela kesibukannya, dia memiliki beban untuk bangsanya agar mau datang kepada Tuhan. Dia melihat bahwa begitu lama bangsanya telah meninggalkan Tuhan dan tidak lagi beribadah kepadaNya sehingga tergerak oleh belas kasihan dia berdoa kepada Tuhan.

Melayani Tuhan dan sesama tidak harus dilakukan oleh seorang pendeta atau penginjil. Melayani Tuhan tidak harus berada di mimbar atau di gereja dengan menjadi seorang asher, kolektan, pemain musik atau worshipleader dan lain sebagainya. Melayani Tuhan dapat dimana saja, di kantor, di rumah, di tempat kerja atau di toko dan lain sebagainya. Kita bisa seperti Nehemia yang meluangkan waktu untuk berdoa bagi kaumnya dan bagi bangsanya.Kita dapat mempergunakan segala sarana dan prasarana yang dimiliki untuk melayani Tuhan. Pada masa kini peranan internet semakin meluas, mari kita pergunakan internet sebagai sarana pelayanan kita. Alat komunikasi yang dipergunakan bisa dipergunakan untuk mengingatkan orang lain akan adanya Tuhan yang harus disembah. Pada dasarnya, seluruh hidup kita adalah melayani Tuhan karena hidup kita adalah sebuah Injil terbuka yang selalu dilihat dan diperhatikan orang lain sehingga dari perilaku kehidupan kita yang benar, orang lain akan melihat bahwa kita adalah umat TUhan. Oleh karena itu, mari kita bisa meniru seperti yang dilakukan oleh Nehemia yang  memiliki beban bagi orang lain dan mau meluangkan waktu untuk melayani Tuhan di tempat kerja dan di mana  saja dimanaTuhan menempatkan kita. Terpujilah nama Tuhan. Amin. (29052012)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar