Selasa, 22 Mei 2012

PASTI ADA JAWABAN


PASTI ADA JAWABAN

1 Samuel 1:20  Maka setahun kemudian mengandunglah Hana dan melahirkan seorang anak laki-laki. Ia menamai anak itu Samuel, sebab katanya: "Aku telah memintanya dari pada TUHAN."

Sudahkah pergumulan hidup kita dijawab oleh Tuhan? kalau jawabannya sudah, kita pasti akan menjawabnya dengan penuh semangat dan lantas kita bersaksi tentang penyertaan Tuhan atas hidup kita yang begitu luar biasa. Sebaliknya, apabila jawaban kita adalah belum, maka seringkali akan menjawabnya dengan penuh belas kasihan dan seperti seorang yang tiada pengharapan sama sekali. Itulah kondisi yang sering terjadi di dalam kehidupan orang yang mengaku sebagai orang percaya kepada Tuhan.

Salahkah kondisi itu? Yang pasti kalau kita mengaku sebagai orang percaya, berarti kita percaya kepada Tuhan yang sanggup melakukan segala perkara, percaya bahwa perbuatanNya ajaib, percaya bahwa ada mujizat yang akan terjadi, percaya bahwa semua akan ada jalan keluar, percaya semua akan tepat pada waktunya dan lain sebagainya. Sama seperti yang telah dialami oleh Hana. Begitu lama dia menantikan kehadiran seorang anak di dalam kehidupannya. Baru setelah bergumul selama bertahun-tahun, dia mendapatkan seorang anak yang diberi nama Samuel yang artinya : "Aku telah memintanya dari pada TUHAN." Lantas mengapa kita menjadi loyo dan seperti kehilangan pengharapan tatkala pergumulan hidup belum memiliki jawaban?

Jangan salah saudara, sebenarnya di dalam setiap pergumulan hidup pasti ada jawaban. Cepat atau lambat adalah tinggal menunggu waktu. Cuma masalahnya, kita tidak sabar dan menganggap segala sesuatunya tidak ada jawaban. Kita memperlemah diri dengan kesedihan dan kepedihan hidup serta minta dikasihani orang lain. Tidak ada gairah dan tidak ada semangat seakan-akan Tuhan tidak peduli kepada kita. Renungkanlah bahwa apabila kita selalu bersikap demikian, maka tidak akan ada terpancar sebuah kehidupan dari diri kita. Hal ini akan berdampak orang lain melihat bahwa tidak ada masa depan di dalam diri kita. Kalau pergumulan hidup belum ada jawaban, jangan langsung kita menyalahkan Tuhan. Di balik semuanya itu,  nantikanlah jawaban pergumulan dengan lebih sabar, lebih mendekatlah kepada Tuhan serta jalanilah hidup dengan penuh semangat dan tak kenal putus asa seperti yang dilakukan Hana. Kita hidup di dunia ini harus antusias, semangat, bergairah dan jangan sekali-kali mengeluh yang berlebihan di hadapan orang lain. Hal ini akan membuat kita dapat bertahan di dalam setiap masalah yang ada. Lakukan dan buktikanlah sendiri. Dengan pertolongan Tuhan, pasti bisa dan pasti ada jawaban. Terpujilah nama Tuhan. Amin. (23052012)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar