Minggu, 17 Februari 2013

TETAPLAH RENDAH HATI


TETAPLAH RENDAH HATI

 

Yes 2:11 Manusia yang sombong akan direndahkan, dan orang yang angkuh akan ditundukkan; dan hanya TUHAN sajalah yang maha tinggi pada hari itu.

 

Seringkali di dalam kehidupan tanpa sadar kita berlaku angkuh dan sombong terhadap apa yang kita miliki. Seiring  kekayaan kita semakin bertambah dan seiring jabatan semakin meningkat, kita semakin sombong dalam hal berkata-kata, kita semakin percaya diri untuk menyampaikan dan memaksakan suatu ide kepada orang lain. Kita semakin seenaknya bertindak kepada sesama, semakin semaunya untuk berkata-kata tanpa memandang apakah lawan bicara menjadi sakit hati atau tidak.  Tidak ada lagi kerendahan hati, semuanya kita yang mengatur karena kita telah memiliki segalanya.

 

Hal ini dikarenakan kita menganggap bahwa kekayaan dan jabatan yang dimiliki adalah hasil kerja keras selama bertahun-tahun. Kita merasa telah merintis sebuah kesuksesan, kejayaan dan kemahsyuran dengan upaya sendiri sehingga tanpa sadar kita lupa keadaan diri semula yang tidak memiliki apa-apa dan berlaku sombong kepada sesama yang belum berhasil. Kita begitu angkuh berkata kepada yang belum berhasil : “makanya kerja keras”, “makanya usaha yang baik”,”Makanya, jangan berdoa melulu”, dan lain sebagainya.   

 

Itu sebabnya Tuhan mengingatkan bangsa Israel dan juga kepada kita semua bahwa segala sesuatu yang terjadi atas diri mereka selama empat tahun di padang Gurun adalah untuk memproses bangsa itu sehingga tidak berlaku sombong terhadap apa yang telah dimiliki. Proses kehidupan yang mereka lalui adalah sebuah proses yang panjang untuk membuat mereka menjadi rendah hati dan tetap taat serta setia berpegang pada firman Tuhan (Ulangan 8:2).  Kita yang telah mendapatkan segala sesuatu kekayaan dan jabatan dengan proses yang begitu panjang adalah merupakan pemberian Tuhan dan tidak untuk dipamerkan menjadi sebuah alas kesombongan. Tuhan mengharapkan kita tetap berlaku rendah hati, semakin takut akan Tuhan dan tetap setia kepadaNya serta taat kepada segala perintahNya. Kalau kita tetap rendah hati dan takut akan Tuhan, maka seperti firman Tuhan mengatakan bahwa  ganjaran kerendahan hati dan takut akan TUHAN adalah kekayaan, kehormatan dan kehidupan akan menjadi milik kita (Amsal 22:4). Tuhan akan memberikan kekayaan, kehormatan, kemasyuran kepada kita berlipat kali ganda. Tetaplah rendah hati. Kasih karunia Tuhan menyertai kita semua. Amin. (18022013)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar