Kamis, 28 Februari 2013

BELAJARLAH


BELAJARLAH

2Tim 3:16  Segala tulisan yang diilhamkan Tuhan memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.

Ketika kita belajar di sekolah, seringkali kita sangat sulit untuk mencerna dan memahami sebuah pelajaran sehingga ketika ujian berlangsung kita tidak dapat menjawab soal-soal yang diberikan kepada kita. Kita mengatakan bahwa gurunyalah yang gagal dan tidak mampu untuk mengajar. Atau mungkin kita mengatakan pelajarannyalah yang sangat sullit dan membosankan. Bahkan mungkin kita mengatakan bahwa soal yang diuji tidak ada di dalam pelajaran yang selama ini diterima.  Kita menyalahkan orang lain yaitu guru yang membuat kita tidak mampu untuk mempelajari pelajaran tersebut. Padahal sebenarnya sebuah pelajaran diberikan sesuai dengan kelasnya dan sesuai dengan porsinya. Dimulai dari kelas satu dan seterusnya. Dan sebuah ujian diberikan sesuai dengan apa yang telah dipelajari. Alasan sebenarnya didalam ketidakmampuan kita menjawab soal-soal yang ada karena tidak mau belajar.

Demikian juga pelajaran yang diberikan oleh Tuhan kepada kita baik melalui firmanNya maupun melalui pencobaan-pencobaan yang dialami. Seringkali karena ketidaktahuan kita, kita menyalahkan Tuhan dan mengatakan bahwa Tuhanlah yang salah, Tuhanlah yang telah memberikan pencobaan ini, Tuhanlah yang tidak mau mengerti akan keberadaan kita dan lain sebagainya. Kita merasa bahwa kegagalan yang dialami di dalam menghadapi ujian karena Tuhan tidak pernah memberikan kunci jawaban. Kita merasa bahwa firman Tuhan tidak pernah menyampaikan kepada kita akan adanya sebuah masalah di dalam mengiring Tuhan.

Karena ketidakmauan kita untuk belajar, membuat kita menyalahkan orang lain ketika gagal di dalam menghadapi ujian. Karena ketidakmauan kita membaca firman Tuhan, membuat kita menyalahkan Tuhan ketika menghadapi sebuah permasalahan yang belum terselesaikan. Kita tidak dapat melihat sebuah jalan keluar karena mata kita masih buta disebabkan ketidaktahuan kita bahwa sesungguhnya Tuhan sudah menyediakan jalan keluar. Kalau kita mau membaca firman Tuhan, maka sesungguhnya kita akan mengetahui sebuah kunci jawaban bahwa Tuhan memiliki sebuah rancangan yang amat baik bagi kehidupan umatNya yaitu rancangan damai sejahtera (Yeremia 29:11). Ketika ujian sedang berlangsung di dalam kehidupan kita, Tuhan sudah menyediakan kunci jawaban-kunci jawaban sehingga dengan pertolongan Roh Kudus, kita dapat dengan mudah menjawabnya. Dia tidak akan membiarkan kita sendirian menyelesaikan permasalahan tersebut. Di dalam setiap ujian, pasti ada kunci jawaban karena semuanya sudah disampaikan di dalam firman Tuhan yang selayaknya harus kita baca.  Karena itu belajarlah dengan baik. Kasih karunia TUhan menyertai kita semua. Amin (01032013)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar