Senin, 08 Agustus 2011

BERSABAR DALAM MENANTI JAWABAN DOA


1Taw 17:25 Sebab Engkau, ya Tuhanku, telah menyatakan kepada hamba-Mu ini, bahwa Engkau akan membangun keturunan baginya. Itulah sebabnya hamba-Mu ini telah memberanikan diri untuk memanjatkan doa ke hadapan-Mu.

Dalam berdoa, seringkali kita menganggap bahwa doa yang disampaikan tidak dijawab oleh Tuhan. Kita merasaTuhan tidak mau campur tangan dan tidak mau segera menjawab doa yang disampaikan. Kita menjadi apatis dan putus asa atas segala hal yang menimpa kehidupan kita karena sudah lama berdoa, tetapi belum juga memperoleh jawaban.

Keadaan ini dikarenakan orang percaya yang berdoa kepada Tuhan tidak memahami dan tidak mengerti keberadaan Tuhan yang sesungguhnya. Sebenarnya, apabila doa disampaikan dengan benar kepada Tuhan, artinya doa atas sesuatu yang sungguh-sungguh merupakan kebutuhan, maka Tuhan sebenarnya telah memberikannya. Asal satu hal yaitu, kita percaya bahwa ada janji Tuhan yang telah dinyatakan kepada kita dan janji itu adalah ya dan amin.

Tuhan sudah berjanji akan memelihara kehidupan kita, Dia berjanji akan menyertai kita, Dia berjanji akan memberikan apa yang kita pinta, dan lain sebagainya. Kalau kita sudah tahu janji Tuhan terhadap diri orang percaya, sekarang masalahnya adalah kesabaran untuk menanti janji itu. Ketika berdoa, kita diharapkan dapat bersabar untuk menantikan jawaban Tuhan.  Sampai kapan? Ada tenggang waktu yang Tuhan telah berikan kepada kita yaitu tenggang waktu yang tidak melebihi kemampuan orang percaya (1 Korintus 10:13). Dia tahu kapan saatnya memberi jawab atas doa yang disampaikan dan Dia tahu hal yang terbaik buat kehidupan kita. Ketahuilah bahwa TUHAN telah menetapkan langkah-langkah orang yang hidupnya berkenan kepada-Nya, sehingga apabila kita jatuh, tidak akan sampai tergeletak dan apabila kita memiliki masalah, Dia tak akan membiarkan kita sendirian tanpa ada jalan keluar (Mzm 37:23-24). Jadi, tunggu apalagi? Tetaplah berdoa dengan tiada jemu sampai Tuhan memanggil kita. Bersabarlah menunggu jawaban atas segala pergumulan hidup yang disampaikan melalui doa. Terpujilah nama Tuhan. Amin. (09082011)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar