Senin, 15 Agustus 2011

SEMUA MANUSIA PUNYA MASALAH


Ayub 7:1 ¶  "Bukankah manusia harus bergumul di bumi, dan hari-harinya seperti hari-hari orang upahan?

Ayub mengatakan bahwa hidup itu berat dan penuh perjuangan. Manusia harus bergumul di dalam kehidupannya sehari-hari. Tidak ada manusia yang hidup tanpa beban, tidak ada manusia yang tanpa masalah, semuanya memiliki masalah. Selama manusia hidup, selama itu pulalah masalah akan menimpa dirinya. Mulai di dalam kandungan sampai ajal tiba, semua ada masalahnya.

Kita tidak dapat berkata bahwa orang lain yang kelihatan hidup berkecukupan, penuh dengan harta yang melimpah, punya keluarga yang harmonis, punya jabatan yang tinggi dan lain sebagainya tidak memiliki masalah. Besar kecil masalah, tergantung pada orang yang mengalaminya. Ayub yang mengalami permasalahan yang cukup besar menurut kaca mata orang lain karena ditimpa musibah yang bertubi-tubi, mulai dari kehilangan harta, kematian anak sampai dijauhi oleh teman dan saudara, tidak memandang hal-hal tersebut sebagai sebuah masalah yang sangat besar yang harus dihindari. Justru dia semakin dekat dengan Tuhan.

Inilah yang perlu kita pahami bahwa setiap orang pasti memiliki masalah. Tidak ada manusia yang tanpa masalah. Bahkan tokoh-tokoh alkitab yang diceritakan memiliki iman yang besar sekalipun memiliki masalah. Sekarang tergantung kita bagaimana harus menyikapi setiap masalah. Setiap masalah harus disikapi dengan penuh sukacita, dengan doa dan pengharapan kepada Tuhan. Kita harus yakin bahwa setiap masalah pasti dapat kita tanggung dan setiap masalah pasti punya jalan keluar. Kita harus selalu bersandar dan berharap kepada Tuhan karena  oleh Dialah kita mampu untuk menghadapi semuanya. Tuhan akan menopang sehingga kita menjadi kuat, Tuhan akan bertindak sehingga kita menjadi menang, Tuhan berfirman sehingga kita menjadi yakin dan kuasa firmanNya akan memberikan kita damai sejahtera serta Tuhan akan memelihara sehingga kita menjadi aman. Oleh karena itu, mari sikapi setiap masalah dengan penuh sukacita, dengan doa dan perngharapan kepada Tuhan sehingga kita selalu mampu untuk menghadapinya. Terpujilah nama Tuhan. Amin. (16082011)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar