Jumat, 12 Agustus 2011

HARGAILAH KASIH KARUNIA TUHAN


2Kor 6:1 Sebagai teman-teman sekerja, kami menasihatkan kamu, supaya kamu jangan membuat menjadi sia-sia kasih karunia Tuhan, yang telah kamu terima.

Kasih Tuhan tidak dapat diukur dan dinilai dengan apapun juga. Karena tidak dapat diukur dan dinilai, maka kita tidak dapat membalas kebaikan Tuhan dengan segala yang dimiliki. Kita tidak dapat membalasnya dengan uang yang dimiliki, tidak dapat membalasnya dengan harta yang melimpah, tidak dapat membalasnya dengan waktu dan segala yang ada pada kita.

Namun demikian, seringkali kita menyia-nyiakan kasih karunia Tuhan yang begitu besar. Kita tidak mau datang beribadah kepadaNya sebagai ucapan syukur atas segala sesuatu yang telah Dia berikan. Kita tidak mau melakukan apa yang menjadi kehendakNya. Bahkan tragisnya, kita menjual kasih karunia Tuhan yang tidak terukur dan tak ternilai itu dengan menjauhkan diri daripadaNya. Kita menjualNya hanya dikarenakan kawin dengan perempuan atau pria yang tidak beriman, kita menjualNya hanya karena sebuah jabatan, kita menjualNya hanya karena sesuap nasi dan lain sebagainya.

Sebagai orang yang telah diselamatkan dan telah menerima kasih karunia Tuhan, kita harus memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya. Kita harus menghargai kasih karunia Tuhan dengan mau beribadah dengan taat, setia, dan tidak menjual kasih karunia hanya karena adanya sebuah masalah. Janganlah kita menjauhkan diri kasih karunia Tuhan, agar jangan tumbuh akar yang pahit yang menimbulkan kerusuhan dan yang mencemarkan banyak orang (Ibrani 12:15). Kalau kita menyia-nyiakan kasih karunia Tuhan, maka akan membuat kita mudah mengalami kepahitan, bersungut-sungut, kecewa, gampang marah dan tidak mau mengucap syukur.  Ingatlah, bahwa kasih karunia keselamatan yang diberikan Tuhan begitu besar dan  gratis kepada manusia, namun kasih karunia tidak menjadi murahan yang dapat disepelekan dan disia-siakan sedemikian rupa. Oleh karena itu, mari menghargai kasih karunia yang telah diberikan Tuhan kepada kita dengan ucapan syukur yang memuliakan Tuhan dan mau beribadah kepadaNya dengan taat dan setia, sehingga kita tidak mudah mengalami kepahitan, kekecewaan dan lain sebagainya. Terpujilah nama Tuhan. Amin. (12082011)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar