Senin, 09 April 2012

KRISTEN KTP


KRISTEN KTP

Lukas 24:15-16  Ketika mereka sedang bercakap-cakap dan bertukar pikiran, datanglah Yesus sendiri mendekati mereka, lalu berjalan bersama-sama dengan mereka.  Tetapi ada sesuatu yang menghalangi mata mereka, sehingga mereka tidak dapat mengenal Dia.

Menjadi orang Kristen belum tentu mengenal Yesus secara pribadi. Ada begitu banyak orang mengaku sebagai orang kristen dan mengaku sebagai pengikut Yesus, tetapi tidak mengenal siapa Yesus sebenarnya. Orang-orang kristen seperti ini lebih banyak menjadi orang kristen yang dinamakan orang Kristen Tanpa Pertobatan alias Kristen KTP.  Di KTP beragama Kristen yang berarti pengikut Kristus,  tetapi tidak mengenal siapa yang diikutinya dan tidak mengenal siapa yang dipercayanya. Kebanyakan orang-orang seperti ini adalah orang Kristen yang menjadi Kristen karena kelahiran atau karena perkawinan.

Orang-orang Kristen yang tidak mengenal Yesus secara pribadi sama seperti murid-murid yang berjalan bersama dengan Yesus menuju Emaus seperti diceritakan oleh Injil Lukas diatas. Murid-murid sama sekali tidak mengenal teman bicara mereka yang adalah Yesus sendiri. Bayangkan betapa mata mereka tertutup dan tidak bisa melihat serta mengenal orang yang berjalan bersama dengan mereka. Dalam hal ini ada beberapa kemungkinan yang terjadi dalam hidup mereka yaitu : tidak pernah tahu apa yang telah dibuatkan oleh para nabi, tidak percaya apa yang dikatakan para nabi, atau mereka lupa yang telah dikatakan oleh para nabi.

Jangan sampai hal ini terjadi dengan kehidupan kita. Cukuplah kejadian ini hanya menimpa kedua murid tersebut. Sekarang kita akan menghadapi masa depan dimana telah dinubuatkan bahwa Yesus akan datang kali yang kedua. Kita harus waspada dan jangan sampai mata hati rohani kita juga tertutup akan hal ini. Kita harus berjaga-jaga untuk menantikan kedatangan Yesus kali yang kedua. Jangan sampai pada saat Yesus datang kali yang kedua, Dia berkata kepada kita seperti kepada kedua murid tersebut :  "Hai kamu orang bodoh, betapa lambannya hatimu, sehingga kamu tidak percaya segala sesuatu, yang telah dikatakan para nabi! (Lukas 24:25). Betapa malangnya hidup kita andaikata pada waktu kedatanganNya kali yang kedua kita tidak mengenal Yesus. Betapa malangnya hidup kita apabila kita tidak  dapat bersama-sama dengan Dia karena kedegilan hati kita. Tidak ada kesempatan lagi karena peristiwa itulah yang terakhir. Pada saat ini, kita diingatkan kembali agar dapat mengenal Yesus secara pribadi melalui firmanNya.  Jangan kita hanya mau mengaku sebagai murid Yesus tetapi tidak pernah mengenal Dia. Jangan kita memperkenalkan diri hanya dengan adanya status Kristen  di KTP dan jangan kita menjadi Kristen Tanpa pertobatan. Tapi mari kita menjadi Kristen yang sungguh-sungguh mau mengenal Yesus secara pribadi dan percaya kepada pemberitaan firman sehingga kita dapat mengenal Dia ketika Yesus datang kali yang kedua. Terpujilah nama Tuhan. Amin. (10042012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar