Kamis, 19 April 2012

MENJADI BIJAK


MENJADI BIJAK

Amsal 13:20 ¶  Siapa bergaul dengan orang bijak menjadi bijak, tetapi siapa berteman dengan orang bebal menjadi malang.

Pada renungan kali ini kita diajak untuk memperhatikan sebuah situasi mengenai perilaku seseorang dimana dia disuruh belajar satu kelas dengan orang yang semuanya adalah orang pilihan, orang pintar dan berkualitas. Apa yang terjadi? Selama bertahun-tahun memiliki pergaulan yang demikian, membuat orang tersebut lambat laun akan menjadi seorang yang pintar karena dia harus beradaptasi dengan lingkungannya yang semuanya adalah pintar. Sebaliknya, bila dia berada di kelas dengan orang yang berkualitas rendah maka lambat laun dia juga akan menjadi orang berkualitas rendah. Perilaku seseorang sedikit banyak dipengaruhi oleh orang di lingkungan sekitarnya.

Berdasarkan pengamatan dan pengalamannya, raja Salomo yang diberi hikmat oleh Tuhan memberikan sebuah kesimpulan bahwa siapa bergaul dengan orang bijak menjadi bijak,  tetapi siapa berteman dengan orang bebal menjadi malang. Raja Salomo juga mengungkapkan bahwa besi  menajamkan besi, orang menajamkan sesamanya (Amsal 27:17). Artinya, sifat dan tabiat seseorang dipengaruhi oleh keadaan orang lain yang ada di sekitarnya. Kalau seseorang berteman dengan orang bijak menjadi bijak, bagaimana dengan orang yang bergaul akrab dengan Tuhan yang melebihi daripada sekedar bijak?  

Bergaul akrab dengan Tuhan akan membuat pemikiran-pemikiran kita menjadi lebih maju. Kita akan diungkapkan rahasia Kerajaan Sorga yang orang lain di luar Tuhan tidak pernah bisa mengetahuinya (Matius 13:11). Lihat saja Daniel yang bergaul akrab dengan Tuhan juga disingkapkan pengetahuan yang orang lain tidak bisa mengetahuinya. (Daniel 2:47).Daniel bisa mengetahui arti mimpi raja Nebukadnezar yang orang lain tidak dapat melakukannya karena Tuhan memberikan rahasia itu kepadanya. Seandainya saja Daniel tidak bergaul akrab dengan Tuhan, maka segalanya akan terjadi sebaliknya. Demikian juga Raja Salomo menjadi bijak karena dia bergaul akrab dengan Tuhan.  Semua kita yang merupakan umat Tuhan akan menjadi bijak apabila bergaul akrab dengan Tuhan, suka membaca dan merenungkan firman Tuhan serta bersekutu denganNya. Jadi jangan pernah ragu untuk bergaul akrab dengan Tuhan karena hal itu akan membuat kita semakin bijak. Mau menjadi orang bijak? Bergaul akrablah  dengan Tuhan. Terpujilah nama Tuhan. Amin. 19042012)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar