Minggu, 27 November 2011

ADA TANGAN KUAT YANG MENOPANG


Efesus 6: 10-12 ¶  Akhirnya, hendaklah kamu kuat di dalam Tuhan, di dalam kekuatan kuasa-Nya. Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis;   karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara.

Masalah demi masalah yang menimpa seseorang secara bertubi-tubi seringkali membuat dirinya menjadi letih dan lesu. Hidup terasa hampa, tidak tahu mau kemana mengadu,  seakan-akan hidup hanya sendirian di dunia ini dan tidak punya arah dan tujuan yang ingin dituju. Kondisi seperti ini sedikit banyak membuat orang menjadi mudah marah, emosi tinggi, stress, dan menjadi ketakutan yang berlebihan.  Alhasil, hidup menjadi sukar dan tidak ada damai sejahtera. Tanpa disadari, masalah telah menjauhkan kita dari Tuhan dan kalah terhadap tipu muslihat Iblis.

Berat atau ringan masalah yang dihadapi bukanlah dilihat dari kekuatan yang dimiliki seseorang, tetapi dikarenakan ada tangan kuat yang ikut menopang masalah tersebut. Tangan kuat yang tidak kelihatan yang ikut menopang masalah kita adalah Yesus Kristus sendiri karena selama kita percaya kepadaNya Dia akan tetap turut bekerja  dalam segala masalah yang dihadapi (Roma 8:28). Kita memerlukan tangan kuat itu untuk tetap menopang kehidupan kita, kita memerlukan kuasa dan kasih Tuhan untuk tetap berdiri teguh di dalam menghadapi apapun juga yang berusaha merintangi.

Kita tidak akan mampu menanggung beban masalah itu sendirian tanpa ada tangan kuat yang menopang. Kita tidak akan mampu berjalan sendiri tanpa Yesus ada di sisi kita. Ada begitu banyak kuasa kegelapan yang ingin berusaha merampas sukacita kita dengan membuat kita merasa ditinggalkan Tuhan. Tipu daya Iblis bekerja di dalam hidup kita dengan sejumlah masalah yang terjadi. Itu sebabnya, Rasul Paulus mengingatkan kita bahwa lawan kita bukanlah darah dan daging, tetapi penguasa-penguasa di udara yang berusaha menyeret kita jauh dari Tuhan dengan sejumlah masalah yang terjadi di dalam hidup kita. Kita harus selalu meminta kepada Tuhan agar jangan melepaskan kita dari genggamanNya. TanganNya yang kuat harus selalu berpengangan dengan tangan kita sehingga masalah yang berat sekalipun tidak bisa memisahkan kita dari kasih karunia Tuhan. Masalah yang terjadi dalam hidup kita tidak akan dapat menjadi alat Iblis untuk menjauhkan kita dari kasih karunia Tuhan dan kita akan tetap dapat bertahan dari hempasannya karena ada Tangan Kuat yang menopang yaitu Kuasa Tuhan yang maha dahsyat. Terpujilah nama Tuhan. Amin. 28112011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar