Rabu, 14 Desember 2011

ARTI KELAHIRAN YESUS


Matius 2:1-2 ¶  Sesudah Yesus dilahirkan di Betlehem di tanah Yudea pada zaman raja Herodes, datanglah orang-orang majus dari Timur ke Yerusalem   dan bertanya-tanya: "Di manakah Dia, raja orang Yahudi yang baru dilahirkan itu? Kami telah melihat bintang-Nya di Timur dan kami datang untuk menyembah Dia."

Kelahiran Yesus ke dunia ini telah membawa dampak perubahan yang sangat besar terhadap kehidupan manusia. Orang Majus dari Timur datang ke Yerusalem untuk menyembah DIa, Herodes melakukan pembunuhan terhadap  anak-anak usia 2 tahun ke bawah dengan maksud untuk membunuhNya(Matius 2:6), gembala-gembala di padang bersuka cita menyambut kedatanganNya (Lukas 2:28) dan lain sebagainya. Semua nubuatan para nabi mengenai kelahiran sang Juruselamat telah digenapi. Terjadi perubahan yang drastis, yang baik tambah baik dan yang jahat tambah jahat.

Bagaimana dengan kehidupan kita saat ini? Apakah kelahiran Yesus memiliki makna yang cukup berarti bagi hidup kita? Apakah kelahiran Yesus di dalam hidup kita telah membawa perubahan dalam sikap, perilaku dan cara pandang kita terhadap kehidupan ini? Mungkin kita berkata : “Yesus telah lahir dalam hidupku”, tetapi kita masih hidup seperti masa lalu, mabuk-mabukan, suka berjudi, main perempuan, suka mencuri, menipu dan lain sebagainya. 

Bilamana Yesus telah lahir dalam hidup kita, maka perubahan pasti terjadi sebab kelahiran Yesus adalah bermakna perubahan. Dosa telah dihapuskan, keselamatan telah diberikan, memulai hidup baru dan semua manusia yang menerima Dia adalah ciptaan baru. Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang. (2Kor 5:17). Kalau kita mengaku telah menerima Dia dan Yesus telah lahir dalam hidup kita, tetapi kelakuan dan cara pandang belum berubah, maka kita sudah berdusta. Hidup di dalam Yesus berarti kita telah meninggalkan manusia lama dan menganggap semua masa lalu adalah sampah.(Filipi 3:7). Kejayaan, kekayaan, ketenaran, jabatan yang tinggi dan lain-lain bukanlah kebanggaan bagi orang yang telah menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat. Kelahiran Yesus telah membawa perubahan terhadap hidup manusia dan Dialah harta yang paling tertinggi nilainya bagi orang yang menerima Dia. Inilah makna sesungguhnya dari kelahiran Yesus ke dunia ini dan di dalam hidup kita semua. Sudahkah Yesus lahir dalam hidup kita? Terpujilah nama Tuhan. Amin.  (15122011)    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar