Minggu, 25 Desember 2011

MENGGANTUNGKAN HIDUP PADA YESUS

Yoh 12:35 Kata Yesus kepada mereka: "Hanya sedikit waktu lagi terang ada di antara kamu. Selama terang itu ada padamu, percayalah kepadanya, supaya kegelapan jangan menguasai kamu; barangsiapa berjalan dalam kegelapan, ia tidak tahu ke mana ia pergi.

Coba sekali waktu kita memejamkan mata dan berjalan dengan mata tertutup. Apa yang dapat kita lakukan? Tidak banyak aktifitas yang dapat dikerjakan karena semua gelap dan tidak mengetahui arah dan tujuan yang ingin diraih secara pasti. Karena mata tidak dapat melihat, maka semua aktifitas menjadi terbatas, takut tersandung, takut terjerembab dan takut terperosok ke dalam lobang. Itulah ilustrasi  bila kita di dalam kegelapan.

Yesus datang sebagai terang yang ajaib yang mampu menerangi hati setiap orang sehingga hatinya tahu membedakan yang baik dan yang jahat. Dia juga menerangi jalan yang hendak kita tuju sehingga kita tidak takut untuk berjalan, tidak takut tersandung batu, tidak takut terjerambab dan tidak takut terperosok lubang. Tetapi, mengapa ada begitu banyak orang masih takut, kuatir dan bimbang di dalam menjalani hidup ini?  Karena terang itu tidak bercahaya atau mungkin sudah redup di dalam hidup kita.

Kita tidak boleh membiarkan terang itu redup dan mati. Biarkan terang itu tetap bercahaya dan menerangi jalan hidup kita. Inilah peperangan rohani yang sedang berjalan tanpa disadari. Ketika kita membiarkan terang itu redup dan mati, maka kegelapan akan menguasai hidup kita. Ada rasa kuatir, takut, bimbang dan ragu akan masa depan apabila kegelapan telah menguasai kita kembali. Kita tidak dapat menatap masa depan dengan baik, tidak siap menghadapi tahun 2012 dengan sikap optimis,  dan lain sebagainya. Tetapi apabila kita berjalan dengan Yesus yang adalah terang itu, maka semuanya menjadi serba pasti, tidak ada keraguan dan tidak ada rasa bimbang. Kita tidak lagi tergantung kepada ramalan-ramalan dukun, tidak lagi bergantung kepada pengharapan semu dari seorang paranormal, tetapi semua  akan dapat kita yakini bahwa semua akan berjalan dengan baik karena Yesus beserta dengan kita. Dia adalah Immanuel, Tuhan yang selalu menyertai dan memelihara hidup kita. Dia tahu masa depan kita. Mari kita gantungkan harapan kita sepenuhnya kepada Yesus yang adalah terang yang akan menyinari jalan hidup kita sepanjang tahun dan sepanjang masa sampai Tuhan menjemput kita sehingga ada rasa aman, sejahtera dan ada kepastian. Terpujilah nama Tuhan. Amin. (26122011).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar