Senin, 02 Juli 2012

BERDOA SUNGGUH-SUNGGUH


BERDOA SUNGGUH-SUNGGUH

Lukas 11:9-10  Oleh karena itu Aku berkata kepadamu: Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan.

Ada orang berkata bahwa doanya tidak pernah dijawab oleh Tuhan, lantas mengklaim bahwa Tuhan tidak benar ada, mengklaim bahwa tidak benar orang percaya harus berdoa, dan lain sebagainya. Benarkah demikian? Benarkah  orang tersebut sudah berdoa namun tidak pernah dijawab oleh Tuhan? Ada begitu banyak orang yang bersikap  demikian yang mengklaim bahwa dirinya sudah berdoa setiap hari dan setiap saat namun sebenarnya tidak pernah berdoa dan berujung pada sebuah klaim bahwa Tuhan tidak kunjung menjawab doanya.

Kalau orang sudah berdoa namun belum diberikan jalan keluar, sebenarnya paling tidak Tuhan sudah memberikannya kekuatan dan kesabaran untuk menanti jawaban sehingga orang tersebut tidak kelihatan menanggung beban yang berat dan tidak ada keluh kesah yang membuat orang lain menjadi kasihan.  Yang sering terjadi dalam diri seseorang adalah tidak pernah berdoa atau hanya sekali berdoa lantas mengklaim bahwa masalahnya tidak kunjung ada jalan keluar dan mengatakan bahwa Tuhan tidak menjawab doanya. Doa dianggap hanya sebatas adanya harapan jalan keluar di dalam benak seseorang  tanpa pernah meminta kepada Tuhan baik berupa kekuatan maupun jalan keluarnya.

Kita harus memahami bahwa tidak semua doa harus dipenuhi dan dijawab oleh Tuhan sesuai dengan keinginan seseorang. Namun yang pasti sebuah doa akan dijawab oleh Tuhan sesuai dengan maksud dan rencana Tuhan terhadap diri seseorang. Selama proses penantian di dalam pergumulan ini, Tuhan akan memberikan kekuatan dan kesabaran sehingga tidak ada keluh kesah, tidak terlihat menanggung beban yang berat, tidak apatis, tetapi memiliki harapan dan keyakinan akan sebuah jawaban.  Itu sebabnya Tuhan sudah mengatakan agar meminta kepadaNya dan pasti akan diberikan sesuai dengan kebutuhan yang sudah Tuhan ketahui di dalam hidup kita. Kalau kita meminta kepada Tuhan, kita  harus meminta dengan sungguh-sungguh dan dengan keyakinan penuh (Yakobus 5:16).  Sama seperti Elia yang adalah manusia biasa, dan ia diceritakan Alkitab telah bersungguh-sungguh berdoa, supaya hujan jangan turun, dan hujanpun tidak turun di bumi selama tiga tahun dan enam bulan. (1 Raja-raja 17:1). Disamping itu, berdoalah dengan tiada jemu-jemu dan jangan bosan untuk mengetuk pintu hati Tuhan (Lukas 18:1).  Setia berdoa, setia beribadah dan setia menanti jawaban dari Tuhan, itulah yang harus dilakukan oleh orang percaya sehingga akan menghasilkan sebuah jawaban doa yang luar biasa. Mari, baca dan renungkanlah akan hal ini sehingga kita tidak menjadi orang yang patah semangat dan  penuh dengan keluh kesah terhadap pergumulan hidup yang ada. Kasih karunia Tuhan menyertai.

Tuhan Yesus berfirman dalam Wahyu 22:13 “Akulah yang pertama dan yang terakhir; Akulah Tuhan dari Permulaan sampai Penghabisan” Amin (BIS) (02072012)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar