Selasa, 24 Juli 2012

DOKSA


DOKSA

Filipi 4:19  Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus.

Ayat firman Tuhan kali berbicara mengenai pemenuhan segala keperluan umat Tuhan menurut kekayaan dan kemuliaanNya dalam Yesus Kristus. Kemuliaan di dalam bahasa aslinya doksa mengandung arti salah satunya adalah pertimbangan atau pendapat mengenai baik atau buruk yang menyangkut hidup seseorang. Yang memberikan pertimbangan dalam hal ini adalah Yesus Kristus. Jadi pengertian yang dapat diambil disini adalah bahwa segala kebutuhan kita akan dipenuhi oleh Tuhan dengan pertimbangan baik atau buruk kebutuhan itu bagi seseorang.

Kalau segala kebutuhan umat Tuhan diberikan oleh Tuhan dengan pertimbangan yang baik menurut Tuhan, berarti itulah yang terbaik bagi kita. Tuhan tidak akan memberikan umatNya sesuatu yang menjadi keinginan, tetapi Tuhan memberikan menurut apa yang dibutuhkan oleh umatNya. Manusia hanya tahu meminta karena pikirnya firman Tuhan sudah mengatakan demikian di dalam Mat 7:7 "Mintalah, maka akan diberikan kepadamu;”, tetapi dari semuanya itu Tuhan-lah yang mengetahui kebutuhan umatNya sehingga Dia akan memberikan sesuai dengan pertimbanganNya.

Inilah yang harus dipahami oleh umat Tuhan agar mengerti bahwa segala sesuatu yang terjadi atas dirinya adalah sudah menurut pertimbangan Tuhan. Pemahaman ini  diperlukan agar tidak menjadi patah semangat apabila doa yang disampaikan tidak sesuai dengan hasil yang diterima. Pemahaman ini juga agar kita tidak menjadi kecewa apabila jawaban doa tidak sesuai dengan permintaan kita. Apa yang diterima seringkali tidak pernah dibayangkan sejak semula karena memang firman Tuhan sudah mengatakan  di dalam 1Kor 2:9 yang berbunyi demikian: "Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Tuhan untuk mereka yang mengasihi Dia." Itu semua terjadi karena Tuhan memang tahu yang dibutuhkan umatNya dan Dia tahu segala rencanaNya bagi kita yaitu rancangan damai sejahtera yang memberikan hari depan yang penuh dengan harapan.  Jadi kalau kita sudah memahami hal ini, maka segala sesuatu yang terjadi atas hidup kita akan kita kembalikan semuanya untuk kemuliaan Tuhan yaitu doksa dan kita akan mampu untuk mengucap syukur untuk semuanya itu. Renungkanlah akan hal ini. Kasih karunia Tuhan menyertai kita semua.


Tuhan Yesus berfirman dalam Wahyu 22:13 “Akulah yang pertama dan yang terakhir; Akulah Tuhan dari Permulaan sampai Penghabisan” Amin (BIS) (25072012)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar