Selasa, 21 Desember 2010

MAKNA KEDATANGAN YESUS

Yohanes 10:10  Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.


Seberapa banyak dari kita yang merasa kehidupannya tidak bahagia dan tidak memiliki pengharapan? Seberapa banyak dari kita yang merasa bahwa kehidupannya tidak memiliki sukacita, tidak memiliki damai  sejahtera,   merasa tidak diberkati dan lain sebagainya? Kita memiliki kekayaan yang melimpah, punya rumah yang bagus, punya simpanan uang yang banyak, punya mobil yang mahal harganya, punya jabatan yang tinggi dan lain sebagainya, tetapi merasa tidak memilikinya. Kita ibarat seorang yang tinggal di sebuah gubuk derita di atas tanah yang sebenarnya mengandung kekayaan tambang yang luar biasa besarnya, namun tidak mengetahui bahwa tanah tersebut mengandung  kekayaan yang melimpah. Kita sebenarnya kaya, tetapi tidak menyadarinya sehingga sukacita, damai sejahtera, dan ucapan syukur atas segala yang dimiliki tidak pernah ada.

Yesus mengatakan bahwa pencuri datang untuk mencuri, membunuh dan membinasakan. Siapakah pencuri  yang dimaksud? Dialah pembinasa keji yaitu Iblis yang selalu ingin merampas sukacita dan damai sejahtera dari kehidupan manusia. Dia berusaha memberikan kita kehidupan yang tidak baik. Secara perlahan tapi pasti, Iblis bekerja dengan luar biasa liciknya. Dia bekerja siang dan malam tak kenal lelah untuk  menghancurkan umat Tuhan karena dia tahu bahwa waktunya sudah dekat untuk segera binasa. Iblis mau agar kita tidak bersama-sama dengan Tuhan di sorga kelak tapi  dia mau agar ada yang menemaninya binasa. Ketika hati, cinta kasih, sukacita, damai sejahtera, dan lain sebagainya berhasil dicuri oleh Iblis, selanjutnya dia akan membunuh manusia dengan kehidupan yang penuh  derita dan akhirnya jiwa dan roh akan binasa.

Itulah pekerjaan Iblis yang dimulai dengan mencuri, kemudian membunuh dan membinasakan. Ketika sukacita dirampas karena jabatan belum naik, Iblis menawarkan proses yang lebih mudah dan tidak panjang untuk naik jabatan dengan menjilat, berdukun dan lain sebagainya. Ketika masalah keuangan tidak kunjung membaik, Iblis datang dan menawarkan suatu proses memperoleh kekayaan dengan cara cepat dan jitu dengan manipulasi, korupsi, pergi ke dukun dan lain sebagainya. Ketika seorang anak belum hadir melengkapi kehidupan rumah tangga kita, Iblis hadir menghasut kita untuk menghujat Tuhan. Ketika sakit penyakit belum sembuh juga, Iblis hadir dan menawarkan suatu kesembuhan yang praktis dan mudah serta murah lewat dukun. Tapi syukur bagi Tuhan, bahwa Yesus telah lahir dan datang ke dalam dunia ini untuk memberikan hidup bagi kita. kita yang tadinya sudah mati karena dosa dan pelanggaran (Roma 3:23), dihidupkan kembali oleh kedatanganNya. Yesus datang untuk  menyelamatkan seluruh milik kepunyaanNya dari kebinasaan, melepaskan kita dari belenggu setan dan membebaskannya dari dakwaan Iblis pada hari penghakiman kelak. Kita yang percaya kepadaNya akan dibenarkan dengan cuma-Cuma oleh kasih karunia yang begitu besar karena penebusan di dalam Yesus Kristus (Roma 3:24) dan bukan dengan perbuatan baik serta amal ibadah yang dilakukan. Kita dibenarkan hanya oleh iman percaya kepadaNya dan ketika kita dibenarkan, kita memperoleh hidup dalam damai sejahtera dan sukacita dengan Tuhan.(Roma 5:1). Yesus datang ke dunia ini agar kita juga memiliki segala kelimpahan yang selama ini tidak terungkapkan karena telah disembunyikan oleh Iblis. Dengan kuasa yang telah diberikanNya kepada kita (Yohanes 1:12), kita dimampukan untuk mengucap syukur atas segala hal yang diterima baik hal yang buruk maupun hal yang baik. Dengan kuasa yang ada, kita dimampukan untuk berperang melawan keinginan-keinginan daging dan tidak lagi menaklukkan diri atas roh-roh dunia. Oleh karena itu, mari kita mengerti arti kedatangan Yesus Kristus ke dunia ini yaitu bahwa Yesus datang ke dunia ini untuk menyelamatkan seluruh umat manusia dari kebinasaan dan memberi hidup yang kekal agar setiap umat yang diselamatkan memilikinya dalam segala kelimpahan. Terpujilah nama Tuhan Yesus Kristus. Amin. (22122010)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar