Minggu, 03 April 2011

KARUNIA MENDERITA UNTUK DIA


Filipi 1:29  Sebab kepada kamu dikaruniakan bukan saja untuk percaya kepada Kristus, melainkan juga untuk menderita untuk Dia,

Melakukan perintah Tuhan adalah bagian utama yang harus dijalankan orang percaya. Firman Tuhan mengatakan bahwa orang percaya yang tahu akan kebenaran tapi tidak pernah menjalankannya adalah seperti seorang yang sedang mengamat-amati mukanya yang sebenarnya di depan cermin, dimana dia segera lupa bagaiamana rupanya segera sesudah ia melihat mukanya (Yakobus 1:23-24). Salah satu kebenaran firman Tuhan yang harus dijalankan oleh orang percaya adalah ikut menderita untuk Yesus Kristus.

Mungkin kita berkata, “Mengapa kita harus menderita untuk Dia?”, “Mengapa mengikut Kristus tidak mendapatkan kenikmatan duniawi?”. Mungkin kita pada saat ini sedang sakit yang berkepanjangan  mengeluh dan mengatakan mengapa sakit yang diderita belum kunjung sembuh dan mengapa Tuhan belum menolong juga dan menyembuhkan?

Ada begitu banyak persoalan hidup yang membuat kita menjadi bertanya seperti itu. Namun firman Tuhan katakan bahwa barangsiapa mengetahui firman Tuhan dan melakukannya serta bertekun didalamnya, maka dia disebut berbahagia (Yakobus 1:25). Kita sudah tahu bahwa mengikut Yesus berarti bersedia untuk ikut menderita bersama dengan Dia dan berarti juga kita sudah siap untuk segala sesuatu yang tidak mengenakkan yang mungkin akan menimpa kita. Untuk percaya kepada Tuhan ada harga yang harus dibayar yaitu penderitaan. Namun kita tidak perlu kuatir akan penderitaan yang akan kita alami karena Tuhan juga akan memampukan kita untuk melewati semuanya itu dan Dia akan memberikan jalan keluar (1Korintus 10:13). Di dalam Tuhan, tidak pernah ada tembok yang buntu, tidak pernah ada masalah yang tidak ada jawaban, tidak pernah Dia membiarkan kita berjalan sendiri, semua masih dalam kendali Tuhan. Di dalam setiap permasalahan yang kita hadapi, semuanya terjadi dan diijinkan Tuhan dialami adalah dengan maksud untuk mendatangkan kebaikan bagi orang yang mengasihi Dia dan Dia pasti turut bekerja di dalamnya (Roma 8:28). Seberat apapun masalah yang dihadapi, Tuhan telah mengajak kita untuk datang kepadaNya semua yang letih lesu dan berbeban berat dan Dia akan memberikan kelegaan kepada orang yang datang kepadaNya (Matius 11:28). Oleh karena itu, ingatlah bahwa di dalam mengikut Tuhan, kita dikaruniakan tidak saja untuk percaya tetapi juga ikut menderita untuk Dia dan kita  akan menghadapi beragam masalah namun Tuhan akan memampukan kita untuk melewati semuanya itu. Terpujilah nama Tuhan. Amin (04042011)  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar