Kamis, 21 April 2011

TUJUAN HIDUP


Lukas 23:47  Ketika kepala pasukan melihat apa yang terjadi, ia memuliakan Tuhan, katanya: "Sungguh, orang ini adalah orang benar!"

Tuhan Yesus datang ke dunia ini memiliki tujuan yaitu membebaskan dan menyelamatkan manusia dari belenggu dosa.  Kalau Tuhan saja dalam setiap tindakan dan setiap perbuatanNya memiliki tujuan, apalagi manusia. Kita seharusnya juga memiliki tujuan hidup. Apakah tujuan hidup kita? Mungkin kita berkata bahwa tujuan hidup kita adalah mencari harta sebanyak-banyaknya agar bisa diwariskan ke anak cucu. Mungkin yang lain berkata bahwa tujuan hidupnya adalah mencapai cita-cita setinggi langit dan lain sebagainya.

Kalau tujuan hidup kita hanya seperti itu maka kita adalah orang-orang mati yang tidak memiliki cara pandang yang benar terhadap hidup. Kita mati walaupun masih hidup, karena memiliki cara pandang yang salah terhadap tujuan hidup. Kalau cara pandang kita masih seperti itu, kita adalah orang yang tidak berguna karena semuanya adalah kesia-siaan.

Karena tujuan Tuhan datang ke dunia ini adalah menyelamatkan manusia dari belenggu dosa, maka tujuan hidup manusia adalah menerima keselamatan itu dengan menyambut kedatanganNya dan mempermuliakanNya setiap saat. Dengan cara apa? Dengan cara takut dan gentar terhadap perintahNya sehingga kita tetap mau setia dan taat kepadaNya. Juga dengan cara mempersembahkan tubuh kita sebagai persembahan yang hidup yang berkenaan kepadaNya setiap saat dan setiap waktu (Roma 12:1) . Sebagai kepala rumah tangga, kita mengasihi istri seperti diri sendiri dan sebagai istri, harus tunduk kepada suami (Efesus 5:22-29). Sebagai pegawai kita harus tunduk dan taat kepada pimpinan dan melakukan segala pekerjaan dengan segenap hati seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia (Kolose 3:23). Sebagai anak kita harus hormat kepada orang tua dan lain sebagainya. Dengan cara ini nama Tuhan akan dipermuliakan.  Inilah tujuan hidup kita yang sebenarnya yaitu mempermuliakan nama Tuhan di setiap hidup kita, sehingga kita memiliki hidup yang berguna bagi Tuhan dan bagi sesama. SELAMAT PASKAH. Terpujilah nama Tuhan. Amin. (22042011)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar