Jumat, 29 April 2011

MENGANDALKAN TUHAN

1Sam 1:5 Meskipun ia mengasihi Hana, ia memberikan kepada Hana hanya satu bagian, sebab TUHAN telah menutup kandungannya.

Menarik untuk belajar dari kehidupan seorang yang bernama Hana. Hana adalah seorang istri yang mandul dan selalu tertindas di dalam kehidupan rumah tangganya. Betapa tidak, sebagai seorang istri yang dimadu karena tidak dapat memberikan keturunan bagi suaminya, Hana selalu disakiti hatinya, ditekan dan dibuat gusar oleh madunya. Selama bertahun-tahun dia hidup bersama madunya dan selama bertahun-tahun pula dia mengalami ketertindasan bathin dan berurai air mata.

Apa yang membuat Hana bisa bertahan dalam kehidupan yang begitu tertekan? Mungkin kalau kita mengalami hal seperti itu, kita akan segera lari dan keluar dari rumah tangga yang demikian. Namun Hana tidak. Dia dapat bertahan karena selalu dekat dengan Tuhan. Hana berjiwa besar karena mengandalkan Tuhan. Dan pada akhirnya kita tahu, bahwa Tuhan membuka kandungannya dan memberikannya keturunan sehingga dia melahirkan seorang anak yang memiliki nama besar yaitu Samuel.

Kita dapat tenang hanya dekat dengan Tuhan. Sebesar apapun masalah yang dihadapi kalau kita dekat dengan Tuhan, maka masalah tersebut akan terlihat kecil dan tidak berarti apa-apa. Mengandalkan Tuhan akan membuat kita dapat bertahan dalam kesesakan, mengandalkan Tuhan akan membuat kita menemukan jalan keluar, dan mengandalkan Tuhan akan membuat kita mengalami kemenangan demi kemenangan. Kita tidak dapat lari dari masalah tetapi kita harus menghadapinya. Hana sudah membuktikannya. Bagaimana dengan kita? Sudahkah kita mengandalkan Tuhan dalam segala aspek kehidupan kita? Mari kita mulai dari saat ini untuk mengandalkan Tuhan dan selalu berharap kepadaNya. Haleluya. Amin. 30042011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar