Minggu, 20 Februari 2011

CARILAH TUHAN TERLEBIH DAHULU

Matius 6:33 Tetapi carilah dahulu Kerajaan Sorga dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.

Penulis Injil Matius menulis lebih lengkap pesan yang disampaikan oleh Yesus daripada Injil Lukas. Inijl Lukas menulis hanya dengan satu frase yaitu “mencari dahulu KerajaanNya” (Lukas 12:31), tetapi Injil Matius menulis dengan dua frase yaitu “mencari dahulu Kerajaan Sorga dan KebenaranNya”. Membaca kutipan ayat ini memiliki implikasi kepada kita bahwa semua manusia dipesankan agar mencari dahulu kedua hal ini yaitu Kerajaan Sorga dan KebenaranNya. Mengapa kita harus mencari terlebih dahulu Kerajaan Sorga dan kemudian baru kebenaranNya? Kerajaan Sorga memiliki  makna tentang kedaulatan Tuhan yang seharusnya berkuasa atas hidup manusia dan Kebenarannya memiliki makna tentang kesetiaan dan kepatuhan manusia untuk melaksanakan setiap perintahNya.

Kalau kita kilas balik sebentar tentang kisah kejatuhan manusia pertama ke dalam dosa, kita dapat memahami bahwa ketika manusia pertama jatuh ke dalam dosa dan diusir dari Taman Eden (kejadian 3:23), maka saat itulah manusia telah kehilangan kemuliaan Tuhan (Roma 3:23). Kerajaan Sorga yang bermakna kedaulatan Tuhan telah hilang dan tidak lagi berdaulat atas  diri manusia. Ini diakibatkan karena manusia tidak mentaati kebenaran Tuhan yang telah disampaikan kepada mereka. Manusia lebih  mentaati perkataan Iblis yang disampaikan melalui ular dan mau memakan buah pengetahuan yang baik dan benar. Sejak Kerajaan Sorga itu hilang dari dalam kehidupan manusia, maka manusia dan keturunannya mengalami kehidupan yang lebih berat, diliputi rasa khawatir, gelisah dan tidak ada damai sejahtera dalam kehidupannya. Memperhatikan hal ini, maka Tuhan datang kepada manusia untuk  mengingatkan kembali bahwa Kerajaan Sorga yang telah hilang itu harus dicari terlebih dahulu dan biarkan Dia yang berdaulat atas kehidupan kita. Kalau Tuhan sudah berdaulat atas kehidupan kita, maka kita harus taat atas segala perintahNya yang telah dinyatakan di dalam kebenaran Firman Tuhan sehingga segala sesuatu yang seharusnya dimiliki manusia pertama akan diberikan kepada kita. .

Inilah yang harus kita pahami bersama, bahwa sesungguhnya manusia itu harus lebih dahulu mengutamakan Kerajaan Sorga dan kemudian mentaati kebenaranNya di dalam firman Tuhan. Hal ini bertujuan agar Tuhan yang berdaulat atas kehidupan kita, Dia yang memerintah dan Dia yang memeli/hara hidup kita. Kalau Tuhan sudah berdaulat, memerintah dan memelihara hidup kita, dan kita taat kepada perintahNya, maka sebenarnya kita tidak perlu lagi merasa kuatir akan segala hal atas kehidupan kita. Kita tidak perlu lagi kuatir akan masa depan kita.Tapi masalahnya adalah, kita sering mengabaikan Tuhan dan tidak percaya kepada kebenaranNya. Kita lebih percaya kepada ilah lain, kita lebih percaya kepada mamon, kita lebih percaya kepada harta, kita lebih percaya kepada karir dan lain sebagainya. Ketika kita memiliki masalah keuangan, kita menjadi kuatir akan pemeliharaan Tuhan terhadap masa depan anak cucu kita. Dalam hal ini, kita lebih mengutamakan masalah kita daripada mencari Tuhan. Kita kuatir akan karir yang tak kunjung meningkat karena lebih mengedepankan masalah karir daripada mencari Tuhan. Kita kuatir dan merasa tidak aman karena kita mengutamakan keamanan daripada mencari Tuhan dan lain sebagainya. Mencari Tuhan, mencari Kerajaan Sorga dan kebenaranNya adalah suatu hal yang mutlak perlu dilakukan oleh umat Tuhan agar segala apapun yang menjadi bagian kita seperti saat manusia pertama berada di dalam Taman Eden, akan diberikan Tuhan kepada kita. Masih ada waktu untuk mencari Tuhan karena Dia telah berkata, “Carilah TUHAN selama Ia berkenan ditemui; berserulah kepada-Nya selama Ia dekat!” (Yesaya 55:6), artinya, saat ini kita masih diberikan kesempatan untuk mencari wajahNya, masih diberi waktu untuk mencari kebenaranNya dan Dia masih berkenaan untuk ditemui. Suatu saat kelak, pada masa akhir jaman, kita tidak lagi memiliki kesempatan kedua untuk mencari wajahNya. Oleh karena itu, selagi masih ada waktu dan kesempatan, mari mencari Kerajaan Sorga dan KebenaranNya agar semua yang ada di dalamNya ditambahkan kepada kita. Terpujilah nama Tuhan. Amin (20022011).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar