Minggu, 27 Februari 2011

HIDUP KEKAL DI DALAM YESUS

Yohanes 5:39  Kamu menyelidiki Kitab-kitab Suci, sebab kamu menyangka bahwa oleh-Nya kamu mempunyai hidup yang kekal, tetapi walaupun Kitab-kitab Suci itu memberi kesaksian tentang Aku, namun kamu tidak mau datang kepada-Ku untuk memperoleh hidup itu.

Hidup yang kekal di sorga merupakan dambaan semua umat manusia. Manusia selalu bertanya mengenai keadaan dirinya dan kemana setelah meninggalkan dunia ini dan dia hanya mengetahui  bahwa setelah kematian menjemput, hanya ada dua tempat yang layak yang telah disediakan bagi jiwa manusia yaitu sorga atau neraka. Sorga dikondisikan sebagai tempat yang penuh dengan kesenangan, ketenangan, damai sejahtera dan lain sebagainya karena di sana ada kehidupan. Neraka dikondisikan sebagai tempat yang penuh dengan siksaan, kesakitan, raungan, dan lain sebagainya karena di sana ada kematian. Itu sebabnya manusia berusaha menyelidiki segala sesuatu untuk mendapatkan kehidupan kekal yang dikondisikan sebagai tempat yang paling aman,  nyaman dan senang yaitu sorga.

Manusia mencari dan ingin  mendapatkan kehidupan kekal di sorga dengan cara menyelidiki segala sesuatu karena menyangka bahwa dengan cara demikian dapat memperolehnya. Manusia tahu bahwa ada yang lebih berkuasa, ada yang lebih kuat dan ada yang lebih tahu tentang keadaan dirinya pada masa yang akan datang yang tidak kelihatan dan untuk itulah dia mencarinya. Namun di  di dalam mencari yang tidak kelihatan ini, manusia seringkali memakai mata jasmani sehingga dia hanya berpatokan kepada yang kelihatan dan mematuhi  aturan-aturan yang dibuat manusia seperti jangan pegang ini, jangan lakukan itu, bersihkan diri dengan air bersih, jangan melakukan aktivitas di hari sabat, jangan makan ini dan lain sebagainya. Manusia lupa bahwa yang tidak kelihatan harus dilihat dengan mata rohani yaitu iman dan dia harus hidup di dalamnya (Roma 1:17).

Kita tidak mungkin dapat memperoleh kehidupan kekal yang sifatnya tidak kelihatan dan dikatakan sebagai rohani dengan cara jasmani. Kita tahu bahwa tubuh jasmani manusia ketika mengalami kematian akan dikubur di dalam tanah dan akan busuk serta binasa. Coba diperhatikan, adakah tubuh jasmani manusia setelah dikubur sekian lama masih utuh seperti sedia kala dan masih harum baunya?  Manusia jasmani kita akan kembali menjadi tanah (Kejadian 3:19) dan manusia rohani akan kembali kepada yang Empunya yaitu Tuhan dan malaikat-malaikatNya akan memisahkan tempatnya yaitu roh yang hidup akan ditempatkan di sorga  dan roh yang mati akan ditempatkan di neraka karena tidak lagi berguna (Matius 13:49) untuk dibakar di perapian yang menyala-nyala. Manusia rohani kita telah mati sejak  jatuh ke dalam dosa dan semua organ tubuh rohani termasuk mata tidak dapat berfungsi sehingga tidak dapat lagi melihat kebenaran serta tidak melihat jalan yang benar menuju sorga. Tubuh rohani yang sudah mati tidak akan dapat mempercayai yang tidak kelihatan sehingga walaupun telah menyelidiki segala sesuatu, dia tidak akan percaya. Yesus Kristus yang adalah Tuhan dan yang telah datang ke dunia ini untuk memberikan hidup kepada roh kita. (Yohanes 3:16). Dia datang kepada milik  kepunyaanNya dan memberikan anugerah yang menghidupkan, dan ketika milik kepunyaanNya ini percaya kepadaNya, maka dia akan hidup. Barangsiapa percaya kepada Anak, ia beroleh hidup yang kekal, tetapi barangsiapa tidak taat kepada Anak, ia tidak akan melihat hidup, melainkan murka Tuhan tetap ada di atasnya. (Yohanes 3:36). Ketika roh manusia telah hidup, maka mata rohaninya juga akan hidup dan dapat melihat dengan baik sehingga dia tahu mana yang benar dan mana yang salah, mana yang kehendak Tuhan dan mana kehendak manusia, mana jalan Kebenaran dan mana jalan yang salah, dan lain sebagainya. Mata rohani yang hidup akan membawa manusia kepada sorga yang memberikan hidup yang kekal tetapi dengan syarat harus dihidupkan terlebih dahulu oleh Tuhan di dalam Yesus Kristus sehingga dia menjadi ciptaan yang baru (2 Korintus 5:17). Ketika kita sudah menjadi manusia baru dan hidup di dalam Yesus, kita harus memelihara tubuh  rohani itu dengan cara setia memberikan makanan rohani  berupa firman Tuhan dan menyembah  Dia di dalam Roh dan Kebenaran sehingga kuat untuk menghadapi segala tantangan dan masalah selama masih berada di dunia yang fana ini. Akhirnya, dapat dikatakan bahwa kita dapat memperoleh kehidupan kekal dan masuk ke dalam sorga hanya karena percaya kepada Yesus Kristus yang adalah Tuhan. Terpujilah nama Tuhan. Amin. (28022011)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar